Perusakan Baliho Puan Tak Cerminkan Sikap Warga Medan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:59 WIB
Tokoh pemuda Sumatera Utara Alwi Hasbi Silalahi. (Istimewa)
Tokoh pemuda Sumatera Utara Alwi Hasbi Silalahi. (Istimewa)

MEDAN, suaramerdeka-jakarta.com - Perusakan baliho Puan Maharani di Medan, Sumatera Utara, sangat disayangkan. Sebab, tindakan tersebut dinilai tidak mencerminkan warga Medan.

"Yang selama ini sangat menjujung tinggi demokrasi dan toleransi," kata salah satu tokoh pemuda Sumut Alwi Hasbi Silalahi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/8).

Menurutnya, perbedaan pendapat serta pilihan politik merupakan hal yang biasa. Akan tetapi, perbedaan itu jangan sampai berujung pada tindakan yang merugikan pihak lain.

"Jangan sampai perbedaan yang seharusnya menjadi kekayaan kita, malah menjadi perpecahan. Karenanya, saya mendesak peristiwa itu diusut tuntas, agar tidak menjadi preseden buruk demokrasi," ujarnya.

Mantan Ketua Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga menyatakan, kejadian perusakan baliho tersebut harus menjadi perhatian khusus.

"Terutama bagi aparat dan para politisi. Aparat harus segera mengusut dan menangkap pelaku perusakan, karena pelaku tersebut mencoba menghalang-halangi kebebasan berdemokrasi dan berpendapat," tandasnya.

Dia juga menegaskan insiden serupa tak boleh lagi terjadi. Sebab sebagai negara demokrasi, setiap orang harus menghargai dan menghormati kebebasan berpolitik dan berekspresi.

"Politisi juga harus mengambil hikmah dari kejadian ini. Ke depan harus lebih baik lagi mengedukasi para pendukung dan simpatisan partai masing-masing," tegasnya.

Tidak Terulang
Dia berharap, kejadian tetsebut tidak terulang kembali. Terlebih, kontestasi Pemilu 2024 semakin dekat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB
X