TNI Gandeng Perpusnas

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 16:13 WIB
Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama bidang perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). (Istimewa )
Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama bidang perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama bidang perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Kedua belah pihak meyakini bahwa kesepahaman tersebut merupakan energi baru dalam menyiapkan sumber-sumber bahan bacaan untuk masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dengan Panglima TNI yang diwakili oleh Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima TNI, Marsda TNI Agus M. Bahron.

"Kami tahu kekuatan dan sumber daya TNI merata sampai ke pelosok. Bukan hanya menjaga teritorial, tetapi lebih pada paradigma bagaimana membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia. Ini merupakan kekuatan baru. Jadi, kami siap dengan kerja sama ini untuk mendukung menyediakan sumber informasi yang terbaru, terpercaya, dan terkini," ungkapnya, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Bohong

Perpusnas sebagai lembaga pemerintah non kementerian memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan di bidang perpustakaan dalam menginformasikan tentang perkembangan dunia ilmu pengetahuan kepada seluruh elemen masyarakat.

Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan adanya perubahan paradigma perpustakaan. Bisa dikatakan bahwa mayoritas peran perpustakaan saat ini adalah sebagai transfer pengetahuan.
Jauh dari paradigma masa lalu yang masih berfokus manajemen koleksi dan manajemen pengetahuan.

Baca Juga: Tumbal

"Saya kira peran TNI dalam kemanunggalan bersama rakyat itu sangat penting dan sesuai dengan paradigma perpustakaan saat ini," katanya. 

Kesepahaman yang dibangun bersama TNI ini penting untuk membangun sinergitas sehingga memastikan orientasi pengembangan di masa depan dimana perang tidak melulu secara fisik melainkan juga melalui pemikiran atau intelektualitas," lanjut Syarif Bando.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X