Kemenkominfo Gandeng Siberkreasi Tingkatkan Literasi Digital di Indonesia, Kali Ini Sasar Masyarakat Sumatera

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:08 WIB
Diskusi daring yang digelar Kemenkominfo dan siberkreasi dengan tema Strategi: Pengembangan Bisnis Berbasis Media Digital pada Senin, 8 Agustus 2022.  (Kemenkominfo)
Diskusi daring yang digelar Kemenkominfo dan siberkreasi dengan tema Strategi: Pengembangan Bisnis Berbasis Media Digital pada Senin, 8 Agustus 2022. (Kemenkominfo)

JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berupaya meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia dari level sedang ke level baik.

Berdsarkan survei Kemenkominfo bersama Kata Data tahun 2021, indeka literasi digital masyarakat Indonesia berada di akor 3.49, naik dari tahun lalu 3.46.

Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level Baik dan memenuhi target sebanyak 5,5 juta orang mendapatkan literasi digital, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi membuat program bertajuk “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. 

Baca Juga: Efek Bola Salju 'Nyanyi Merdu' Bharada E, Mulai Dari Sambo, Ajudan, Sopir Hingga Penasihat Ahli Kapolri

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar, talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar,” kata Menkominfo Johnny G Plate.

Kegiatan literasi digital diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi upaya menghentikan penyebaran berita hoaks serta dampak negatif dari penyalahgunaan internet dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui beragam program edukasi kecakapan literasi digital

Baca Juga: Witan Sulaeman Pastikan Kariernya Tetap Lanjut di Eropa, Resmi Gabung AS Trencin

Menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan, dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk. 

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperhitungkan Prabowo, Ridwan Kamil Tak Mau Ge-er

Senin, 26 September 2022 | 16:52 WIB

Kelompok Buruh Samarinda Dukung Firli Maju Pilpres

Senin, 26 September 2022 | 16:38 WIB

Ketua Dewan LVRI:Pancasila,Kunci Persatuan

Senin, 26 September 2022 | 16:28 WIB

Riko Dapat Perhatian Media Ceko. Kudela: Dia Hebat!

Senin, 26 September 2022 | 11:05 WIB

FFWI XII 2022 Putuskan 54 Film Pilahan

Senin, 26 September 2022 | 08:30 WIB

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB
X