Daftar Bersama ke KPU, KIB Miliki Semangat yang Sama

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:38 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU. Suaramerdeka.com /dokumentasi.
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU. Suaramerdeka.com /dokumentasi.

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki semangat yang sama dalam Pemilihan Umum 2024. Dimana KIB mendorong untuk pesta demokrasi yang jujur-adil, demokrastis dan menolak politik yang mengedepankan isu promordial.

"Kami memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (10/8).

Selain Golkar, pendaftatan juga dilakukan bersama anggota KIB lainnya. Yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"KIB mendorong untuk pemilu yang dilaksanakan secara jurdil, demokratis dan tidak menggunakan isu-isu primordial. Yang mana akhirnya hanya memecah belah bangsa," ujarnya.

Dikatakan, KIB memiliki kepentingan untuk menjaga stabilitas politik. Karena dengan stabilitas politik, maka pembangunan dapat terus dilakukan.

"Oleh karenanya, pemilu harus dilaksanakan sesuai jadwalnya, yaitu di bulan Februari 2024," tandasnya. Terpisah, Ahli Peneliti Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai, kedatangan tiga anggota KIB ke KPU secara bersama menjadi sinyal kesolidan mereka.

Ujian
Zuhro menilai, membaca mereka relatif solid dan masih menjaga kebersamaannya. Dimana soliditas itu baru akan mendapati ujian, ketika tiba masa pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

"Meski demikian, KIB bisa menghadapi ujian itu dengan menjalin kesepakatan internal. Sejauh ini, diantara anggota KIB, Golkar menjadi partai yang sudah terang-terang mengajukan Airlangga sebagai capres," tegasnya.

Sehingga, bisa saja disepakati capresnya adalah dari KIB. Lalu untuk mendongkrak, cawapresnya diambil dari luar.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Diperhitungkan Prabowo, Ridwan Kamil Tak Mau Ge-er

Senin, 26 September 2022 | 16:52 WIB

Kelompok Buruh Samarinda Dukung Firli Maju Pilpres

Senin, 26 September 2022 | 16:38 WIB

Ketua Dewan LVRI:Pancasila,Kunci Persatuan

Senin, 26 September 2022 | 16:28 WIB

Riko Dapat Perhatian Media Ceko. Kudela: Dia Hebat!

Senin, 26 September 2022 | 11:05 WIB

FFWI XII 2022 Putuskan 54 Film Pilahan

Senin, 26 September 2022 | 08:30 WIB

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB
X