Imbas Kasus Brigadir J Penasihat Ahli Kapolri Mundur, Apa sih Tugas dan Fungsinya?

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:40 WIB
penasihat ahli Kapolri mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kapolri sesuai penugasan Kapolri (Screenshoot instagram/@divisihumaspolri)
penasihat ahli Kapolri mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kapolri sesuai penugasan Kapolri (Screenshoot instagram/@divisihumaspolri)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Apa sih sebetulnya tugas dan fungsi dari penasihat ahli Kapolri itu? Masyarakat baru 'ngeh' ada posisi tersebut paska Fahmi Alamsyah mundur dari posisinya sebagai penasihat ahli Kapolri bidang komunikasi publik.

Fahmi diduga ikut terseret dalam kasus kematian Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Fahmi tercatat mulai aktif menjadi penasihat ahli Kapolri sejak era Jenderal Idham Aziz. Dia lalu mengundurkan diri usai diberikan rekomendasi oleh anggota penasihat Polri lainnya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri, penasihat ahli Kapolri mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kapolri sesuai penugasan Kapolri.

Baca Juga: Budiman Jadi Pelatih Sementara Hadapi PSIS, Robert Alberts Sempatkan Ucapkan Haturnuhun

Penasihat ahli bertanggung jawab langsung kepada Kapolri. Keanggotaannya dapat berasal dari unsur purnawirawan Polri, maupun non Polri. Turut diberikan hak keuangan dan fasilitas setingkat dengan eselon IB.

Sementara itu, Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2017 tentang Pengangkatan, Pemberhentian dan Tata Kerja Penasihat Ahli Kapolri menjelaskan keanggotaan dari unsur non polri terdiri dari 15 orang. Sementara bagi kalangan purnawirawan polri berjumlah 5 orang.

Para anggota penasihat Kapolri non purnawirawan harus diisi oleh para pakar dari berbagai disiplin ilmu. Di antaranya pakar di bidang informasi teknologi, lingkungan, hukum, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diperhitungkan Prabowo, Ridwan Kamil Tak Mau Ge-er

Senin, 26 September 2022 | 16:52 WIB

Kelompok Buruh Samarinda Dukung Firli Maju Pilpres

Senin, 26 September 2022 | 16:38 WIB

Ketua Dewan LVRI:Pancasila,Kunci Persatuan

Senin, 26 September 2022 | 16:28 WIB

Riko Dapat Perhatian Media Ceko. Kudela: Dia Hebat!

Senin, 26 September 2022 | 11:05 WIB

FFWI XII 2022 Putuskan 54 Film Pilahan

Senin, 26 September 2022 | 08:30 WIB

Polri Pastikan Usut Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo

Minggu, 25 September 2022 | 21:58 WIB
X