KIB Diharap Segera Tawarkan Program sebagai Pembeda

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:24 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU. Suaramerdeka.com /dokumentasi.
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU. Suaramerdeka.com /dokumentasi.

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Semangat menjaga persatuan dan kesatuan, sudah menjadi kesepakatan nasional. Hal itu juga merupakan semangat kolektif.

"Tidak elok jika semangat itu dilabelkan pada hanya satu pihak," kata Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) Aditya Perdana di Jakarta, Kamis (11/8).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bertekad menjaga stabilitas politik di Indonesia. Khususnya menjelang Pemilu 2024.

"KIB juga mendorong Pemilu 2024 dilaksanakan secara jujur dan adil, demokratis. Serta tidak menggunakan isu-isu yang hanya memecah belah bangsa," ujar Airlangga.

Menurut Aditya, soal menjaga kesatuan dan persatuan dan sebagainya, sudah menjadi kesepakatan nasional. Jadi bukan kemudian dibelah dalam konteks kontestasi.

"Kalau ada orang tidak mendukung (KIB), berarti punya persoalan dong. Kan tidak begitu juga," tandasnya.

Dikatakan, semangat itu harusnya tidak digunakan sebagai pembeda dalam pilihan politik. Isu itu harus menjadi perhatian bersama.

"Bukan kemudian dibelah dalam kontestasi pencalonan atau kontestasi politik. Semangat KIB adalah untuk menjaga stabilitas politik jelang Pemilu 2024, berada dalam koridor dan tidak ingin kejadian polarisasi pada Pemilu 2019 terulang kembali," tegasnya.

Terulang
Ditambahkan, semua pihak ingin stabilitas politik-sosial dan tidak menginginkan terulangnya kembali polarisasi politik atau politisasi identitas. Dimana hal itu marak di Pemilu 2019.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB
X