Kominfo Gelar Webinar Literasi Digital untuk Warga Sumatera, Bagikan Tips Aman saat Pakai Influencer Marketing

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:39 WIB
Poster Webinar yang digelar Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatera dengan tema Konsep Bisnis Digital: Influencer Marketing (Istimewa)
Poster Webinar yang digelar Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatera dengan tema Konsep Bisnis Digital: Influencer Marketing (Istimewa)

JAKARTA- Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, berdasarkan laporan Hootsuit dan We Are Social pada awal 2022.

Masifnya kemajuan teknologi ini mampu memberikan potensi resiko seperti penipuan online seperti Hoax dan Cyber Bullying.

Oleh karena itu, peningkatan penggunaan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas literasi digital yang mempuni.

Baca Juga: Miliki Pandangan Sama, PSI Potensial Gabung KIB?

“Survei nasional yang dilakukan tahun lalu menemukan jika saat ini indeks literasi digital Indonesia masih berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. Hal ini perlu terus ditingkatkan untuk membekali peningkatan kapasitas literasi digital,” kata Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pengerapan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai pengemban garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia memiliki tugas sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator.

Dalam rangka menjalankan mandat tersebut terkait dengan pengembangan SDM Kemenkominfo bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang. 

Baca Juga: Puan Dinilai Capres yang Kuat

Dalam perjalanannya, Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. 

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas.  Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar,” ujar Menkominfo Johnny G Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Program PTSL

Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Bertemu Mardiono, Airlangga Diskusikan Sejumlah Hal

Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:17 WIB

DPR Dorong Rusia Hentikan Perang dengan Ukraina

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:47 WIB
X