Wujudkan Parlemen Modern, Mungkinkah?

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:05 WIB
Gedung DPR. (suaramerdeka.com / dok)
Gedung DPR. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Tingginya ekspektasi konstituen terhadap kinerja anggota DPR RI, berdampak pada meningkatnya tuntutan akan kemudahan akses informasi. Sekaligus transparansi, akuntabilitas dan efektivitas kerja anggota parlemen.

"Bila DPR RI ingin menjadi parlemen modern, maka syarat mutlak yang harus dilakukan adalah harus menjalankan ketiga fungsinya," kata Peneliti Ahli Utama BRIN Siti Zuhro saat dihubungi, Minggu (14/8).

Yakni fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran. Dimana dari sisi legislasi, produk Undang-Undang yang dihasilkan haruslah sesuai dengan kebutuhan rakyat.

Di usianya yang menjelang 77 tahun, DPR juga diingatkan untukbjangan pernah membuat UU yang sifatnya kejar tayang dan meniadakan aspirasi rakyat. Karena hal itu hanya akan menimbulkan protes publik.

Kemudian dari sisi pengawasan, mekanisme check and balances harus efektif dan berjalan. Demikian pula saat menjalankan fungsi anggaran, yang harus dilakukan dengan sangat proper.

"Ketiga fungsi tersebut harus bekerja dan sesuai dengan keinginan rakyat. Jangan biarkan suara rakyat terabaikan begitu saja," ujarnya.

Mendominasi
Selain itu, parlemen harus lebih bekerja keras agar eksekutif tidak mendominasi. Sebab, tidak sehat bila parlemen membiarkan executive heavy.

"Bila itu yang terjadi, maka tujuan untuk menjadi parlemen modern akan lebih sulit tercapai. Lakukan saja ketiga fungsi itu dengan maksimal," tandasnya.

Sebab jika rakyat mengakuinya, maka dapat dikatakan bahwa parlemen telah modern. Terpisah, Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menegaskan, upaya untuk mewujudkan parlemen modern sudah cukup lama digaungkan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Program PTSL

Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Bertemu Mardiono, Airlangga Diskusikan Sejumlah Hal

Kamis, 6 Oktober 2022 | 17:17 WIB

DPR Dorong Rusia Hentikan Perang dengan Ukraina

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:47 WIB
X