Siap-siap, PT KAI Bakal Suguhkan Kereta Panoramic

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB
kereta panoramic (ss sosialmedia)
kereta panoramic (ss sosialmedia)

jakarta.suaramerdeka.com - KEMUNGKINAN dalam waktu tak lama lagi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal memperkenalkan keunikan kereta terbarunya. Kabarnya, untuk memperingati Hari Kemerdekaan, tapi bisa juga berangkaian dengan kegiatan hari jadi perseroan pada akhir September mendatang.

Kereta yang dilabeli panoramic itu diproyeksikan memberikan sensasi luar biasa bagi penumpangnya dalam mencecap pemandangan di sepanjang perjalanan. Ini diklaim sebagai kereta pertama yang dibangun dengan spesifikasi tersebut.

Kereta yang dibalut jendela-jendela berdimensi besar di kedua sisinya. Tak hanya itu, tersemat pula atap kaca, semacam sunroof atau panoramic roof, yang bisa dibuka tutup di antaranya untuk menyesuaikan cuaca di luar.

Dengan keunggulan seperti itu, sejumlah jalur bisa dianggap cocok untuk operasionalnya. Di antaranya trek di Daop 2 Bandung dari Purwakarta-Padalarang atau Nagreg-Cipeundeuy-Ciawi-Tasikmalaya-Banjar. Bisa pula dari Jakarta-Purwokerto-Yogyakarta. Banyak pemandangan indahnya seperti gunung, bukit, hutan, lembah, kelok sungai, hingga pesawahan, dan desa-desa asri atau juga cakrawala.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, KAI Commuter Ajak Anak-anak Tour Stasiun

Informasi kehadiran kereta panoramic itu sendiri sudah ramai dalam beberapa hari ke belakang di sosial media. Jumlah total kereta panoramic yang tersedia sebanyak 2 unit. Kereta itu dibangun dengan memanfaatkan kereta lama (retrofit).

Ide dan tangan-tangan terampil pegawai UPT Balai Yasa Surabaya Gubeng yang kemudian mampu mengeksekusinya dengan menghadirkan kereta penumpang yang elegan tersebut. Benar-benar bikin berkesan.

Jeroannya jelas beda dibandingkan kereta reguler terutama dari kapasitas yang berkisar di angka 40-an tempat duduk. Mengingat atap klir untuk melihat pemandangan ke langit, tempat bagasi ditempatkan di ujung kabin.

Baca Juga: Tren Volume Pengguna Harian Bulan Juli 2022 Naik 6%, KAI Commuter Layani Hampir 19 Juta Orang

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peta Koalisi Masih akan Berubah

Senin, 26 September 2022 | 20:38 WIB

Diperhitungkan Prabowo, Ridwan Kamil Tak Mau Ge-er

Senin, 26 September 2022 | 16:52 WIB

Kelompok Buruh Samarinda Dukung Firli Maju Pilpres

Senin, 26 September 2022 | 16:38 WIB

Ketua Umum Dewan LVRI:Pancasila,Kunci Persatuan

Senin, 26 September 2022 | 16:28 WIB

Riko Dapat Perhatian Media Ceko. Kudela: Dia Hebat!

Senin, 26 September 2022 | 11:05 WIB
X