Belum Daftarkan Capres, Koalisi Parpol Masih Bisa Berubah

- Senin, 15 Agustus 2022 | 16:38 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU.  (Dok/jakarta.suaramerdeka.com)
Koalisi Indonesia Bersatu mendaftarkan ke KPU. (Dok/jakarta.suaramerdeka.com)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Koalisi partai politik dinilai masih akan bisa berubah. Apalagi sejauh ini, belum ada calon presiden (capres) yang terdaftar.

“Koalisi tidak bisa dikatakan permanen. Hal itu karena politik adalah the art of possibility dan perubahan bisa saja terjadi pada detik terakhir," kata pengamat politik dan kebijakan UPN Veteran Jakarta Danis TS Wahidin di Jakarta, Senin (15/8).

Seperti diketahui, beberapa parpol sudah menjalin koalisi. Antara lain seperti Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Selain itu, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa sudah menandatangani piagam deklarasi kerja sama. Namun menurutnya, hingga kini, koalisi parpol masih rapuh.

"Kalau titik temu ideologi, historis, program dan kepentingan poling belum ketemu equilibrium, garis normal antar berapa kepentingan, masih bisa kita katakan koalisi yang rapuh," ujarnya.

Namun menurutnya, keberadaan koalisi politik sangat penting dalam iklim demokrasi. Dimana koalisi parpol adalah hal yang harus dilakukan untuk membangun kebersamaan politik.

Nasionalis Religius
Umumnya, model koalisi yang dibangun bernafas nasionalis-religius. Dengan adanya berbagai koalisi ini, dapat dipastikan akan ada 3-4 calon dalam pemilu mendatang.

"Mereka adalah calon-calon yang baru, segar, memiliki visi-misi, bukti bahwa kaderisasi, semangat kebangsaan tidak mengalami stagnasi. Selain itu, demokrasi berjalan secara dinamis," tandasnya.

Tiap koalisi nantinya akan mengajukan siapa capres dan cawapres dan visi misi mereka. Gerindra bersama PKB memunculkan nama Prabowo Subianto kembali turun gelanggang di 2024.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Petani Berjasa Jaga Tingkat Inflasi

Rabu, 28 September 2022 | 19:12 WIB

Soundrenaline 2022 Pulang di Haribaan Jakarta.

Rabu, 28 September 2022 | 19:10 WIB

Peserta Pemilu Dituntut Penuhi Ekspektasi Pemilih Muda

Rabu, 28 September 2022 | 17:12 WIB

Masyarakat Diminta Jaga Laut Bali Tetap Bersih

Rabu, 28 September 2022 | 15:54 WIB

KTT G20: Pemerintah Pastikan Logistik dan Akomodasi Aman

Selasa, 27 September 2022 | 21:26 WIB

Golkar Bangun Kedekatan dengan Pemilih Muda Sejak Lama

Selasa, 27 September 2022 | 20:05 WIB
X