Hanya Penuhi Unsur Siarkan Berita Tak Utuh, Jadi Pertimbangan Hakim Vonis Bahar Smith Pidana 6 Bulan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:10 WIB
Bahar Smith di PN Bandung
Bahar Smith di PN Bandung

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Majelis hakim menjatuhkan pidana penjara 6 bulan 15 hari terhadap terdakwa Bahar Smith karena dianggap menyiarkan berita tak utuh pada pembacaan vonis di PN Bandung, Selasa(16/8/2022).

Sebelumnya, jaksa menuntut penceramah tersebut selama 5 tahun penjara atas materi ceramahnya di Kampung Cibisoro, Desa Nanjung, Margaasih, Kabupaten Bandung, awal Desember 2021.

Ada sejumlah pertimbangan yang dijelaskan majelis hakim merujuk pada fakta-fakta persidangan. Salah satu point utamanya adalah Bahar Smith dianggap tak terbukti bersalah menyiarkan berita bohong seperti dalam tuntutan utama jaksa.

Dengan demikian, dakwaan primer yakni pasal 14 ayat 1 UU No 1 Tentang Peraturan Hukum Pidana tak terpenuhi.

Baca Juga: Didakwa Berita Bohong, Ini Keberatan Bahar Smith saat Eksepsi

Majelis hakim justru menerapkan pasal 15 UU yang sama karena apa yang disampaikan Bahar Smith lebih kepada kabar yang tidak pasti, berkelebihan atau tidak lengkap, tapi patut diketahui terdakwa mengerti apa yang disampaikan dapat menerbitkan keonaran

Majelis hakim sebelumnya menyoroti dua materi pokok persidangan berupa informasi sebab musabab dipenjaranya Habib Rizieq Shihab dan kasus yang menimpa 6 pengawalnya di Km 50 Rest Area Tol Cikampek.

Kalimat-kalimat yang dinilai bermasalah adalah pernyataan Habib Bahar yang menyatakan Habib Rizieq masuk penjara gegara peringatan Maulid Nabi. Kemudian, kondisi tubuh 6 pengawal Habib Rizieq yang disebut mendapat perlakuan tak patut bahkan "dibikin seperti binatang".

Baca Juga: Bahar Smith Tersangka, Wamenag Yakin Polri Profesional dan Transparan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X