Abimanyu Wahjoewidajat Terkait Kasus Rekaman Belum Membayar Coklat

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:11 WIB

Terkait beredarnya kasus rekaman pelanggan Alfamart yang terbukti *belum membayar coklat* yang diambilnya di mana kemudian petugas Alfamart (Amelia) malah diminta meminta maaf karena dianggap merugikan nama pelanggan karena dianggap melanggar uu ite.

Ini saya sekaligus menjawab pertanyaan beberapa rekan dan melanjutkan atau menambahkan penjelasan saya waktu diwawancara RRI tadi.

Intinya saya menanggapi sisi telematikanya saja:
1. Sayangnya sampai sekarang saya hanya mendapatkan potongan video mengenai kejadian tersebut yang diunggah pihak-pihak lain dan sama sekali belum melihat konten awalnya. apabila ada rekan media yang ingin membahas hal ini ada baiknya bila memberikan Link atau konten yang pertama diunggah atau setidaknya yang belum dipotong.

2. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam penggunaan perangkat telematika utk kasus spt itu dan bukan penyalahgunaan, mengingat itu bukan kejadian biasa dan juga merupakan kejadian yang memang sudah diakui ibu Mariana karena dia kembali ke counter untuk menyelesaikan transaksi.

3. Apabila rekaman asli menunjukkan sampai akhir bahwa Ibu Mariana membayar, berarti tayangan tersebut tidak tendensius seperti yang dituduhkan misal dianggap menjelekkan nama baik / merugikan dll.

4. Sayangnya bukti digital hanya merekam saat ada pertikaian di mana Ibu Mariana menyangkal telah mengambil padahal lebih baik bila konten tersebut sekaligus dirangkaikan dengan bukti CCTV di Alfamart bahwa yang bersangkutan tidak membayar coklat tersebut mengingat pada umumnya coklat selalu ditaruh depan kasir jadi biasanya CCTV pasti akan bisa menangkap kegiatan tersebut.

5. Apabila ada rekaman CCTV dan kemudian konten (perilaku yang seperti ini) sekaligus dirangkaikan maka hal itu tidak salah mengingat setahu saya (pada Alfamart yang pernah saya masuki) sudah jelas terpampang peringatan bahwa toko tersebut dilengkapi CCTV, tentu hal tersebut untuk mengingatkan konsekuensi apabila ada yang nekat mengutil.

6. Hal yang tidak jelas adalah pasal UU ITE apa yang tadinya akan dituduhkan pihak ibu Mariana kepada Amelia. Jadi tidak jelas dasarnya, dan tuntutan yang diajukan pihak Ibu Mariana tidak spesifik konten menit keberapa, tayangan atau utarakan apa yang dianggap tidak berkenan.

7. Menurut saya pihak Ibu Mariana salah apabila menuntut Amelia karena jelas kejadian tersebut adalah pada jam kerja dan kemudian pada tempat kerja, jadi Amelia melakukan tugasnya sebagai karyawan Alfamart. Jadi sebetulnya yang harus dituntut (apabila dianggap sebagai suatu kesalahan ataupun merugikan) adalah tempat kerjanya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X