Puan Dinilai Tunjukkan Kepiawaiannya sebagai Pemimpin Egaliter

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:48 WIB
Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. (Saktia Andri Susilo)
Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ketua DPR RI Puan Maharani memiliki kemampuan komunikasi egaliter. Khususnya terhadap semua pihak serta intonasi suara kerakyatan.

"Dari awal hingga akhir pidato, Puan menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang pemimpin yang egaliter," kata pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing, Kamis (18/8).

Pidato tersebut disampaikan oleh Puan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2022 - 2023 di Gedung Parlemen, Selasa (16/8). Dalam pidato itu, juga terlihat lambang non verbalnya.

"Dimana Puan perlakukan (Megawati Soekarnoputri) sama (dengan tokoh lainnya). Jadi tidak karena ibunya, lalu lambang verbalnya memberikan suatu simbol lebih spesial," ujarnya.

Hal itu menurutnya menunjukkan bahwa Puan punya kemampuan komunikasi egaliter. Dimana semua orang sama-sama dihormati.

"Dari sisi suara dan tekanannya (intonasi), Puan memiliki suara dan tekanan kerakyatan. Tidak seperti tokoh-tokoh lain yang diatur sedemikian rupa," tandasnya.

Diri Sendiri
Karenanya, Emrus menegaskan, dari sudut komunikasi, Puan tetap jadi dirinya sendiri. Sekalipun itu pidato di sidang DPR.

"Melalui pidatonya itu, Puan telah merepsentasikan diri sebagai seorang tokoh yang mampu menyampaikan ke publik. Yakni persoalan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini," tegas pengamat komunikasi politik Telkom University Bandung Catur Nugroho.

Dimana pidato tersebut menjadi semacam manifesto politik Puan yang berbobot. Menurut Catur, pidato Puan tersebut menjadi pembuktian bahwa pandangan miring terhadap Puan selama ini terbantahkan.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB
X