Tingkatkan Resonansi, Kementan Tetapkan 150 Srikandi Petani Milenial dari Seluruh Tanah Air

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:36 WIB
Mentan SYL (Dok: Instagram @syasinlimpo)
Mentan SYL (Dok: Instagram @syasinlimpo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Memanfaatkan bonus demografi demi keberlangsungan pembangunan pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengupayakan lahirnya petani-petani muda. Keseriusan dalam mencetak regenerasi petani diwujudkan dalam sejumlah program, diantaranya adalah pendidikan dan pelatihan vokasi, progam magang, penumbuhan wirausaha muda pertanian (PWMP), penetapan Duta Petani Milenial (DPM)/Duta Petani Andalan (DPA), Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) serta pemilihan Young Ambassador Progam YESS.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemuda memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan masyarakat Indonesia yang berkualitas.

Sebagai bonus demografi, pemuda merupakan generasi penerus, penanggung jawab dan pelaku pembangunan masa depan. Kekuatan bangsa di masa mendatang tercermin dari kualitas sumber daya pemuda saat ini.

Baca Juga: Pro Kontra Sekaligus Viral Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet, Siapa sih Penyanyi Aslinya

Dia menegaskan, petani harus bisa menjalankan usaha dengan lebih efektif dan efisien. Bertani secara mandiri adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

"Sektor pertanian merupakan sesuatu yang menjanjikan bagi pemuda. Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan, jika ingin hebat maka bertanilah," tegas Mentan Syahrul.

Sejalan dengan arahan Mentan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi terus berupaya meningkatkan kualitas generasi Milenial sebagai motor penggerak utama sektor pertanian.

Baca Juga: Kasus Penembakan Kucing di Lingkup Sesko TNI, Pelakunya Brigjen Diproses Hukum

“Kualitas petani milenial turut menentukan keberhasilan pembangunan pertanian, bahkan sejumlah negara maju membuktikan keberhasilan pertanian ditentukan kemampuan dan kompetensi SDM, khususnya kalangan mudanya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X