Kemenkominfo Ajak Komunitas di Wilayah Sumatera Melek Konten Kreatif Berbasis Potensi Lokal

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:02 WIB
Poster webinar bertema Tips Digital: Konten Kreatif Berbasis Potensi Lokal yang digelar Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk masyarakat wilayah Sumatera, Jumat 19 Agustus 2022 (Istimewa)
Poster webinar bertema Tips Digital: Konten Kreatif Berbasis Potensi Lokal yang digelar Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk masyarakat wilayah Sumatera, Jumat 19 Agustus 2022 (Istimewa)

JAKARTA- Dalam beberapa tahun ini, digitalisasi di Indonesia berkembang sangat signifikan dan mampu mendorong terciptanya ekosistem digital yang baik. 

Ditambah dengan adanya dorongan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020, telah meningkatkan penggunaan internet dan mempercepat adopsi digital pada kegiatan sehari-sehari. 

HootSuite dan We Are Social melaporkan, pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa pada awal tahun 2022, atau meningkat 2,1 juta dibandingkan awal tahun sebelumnya.

Baca Juga: Siapkan Puan, PDIP Hidupkan Mesin Politik

Pemerintah pun mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi menggunakan aplikasi digital dan meningkatkan kompetensi digital masyarakat agar semakin dapat beradaptasi menggunakan teknologi digital dan mampu membentengi diri dari resiko penggunaan internet seperti penipuan online dan cyber bullying. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai pengemban garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia dalam mencapai visi dan misi tersebut bertindak sebagai regulator, fasilitator dan akselerator. 

Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM Kementerian Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021. 

Baca Juga: KLHK Wadahi Semangat Kaum Muda Menjaga Lingkungan

“Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten/kota dan 34 provinsi diseluruh Indonesia dan berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital,” ujar Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abriijani Pengerapan.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X