Lincah Bangun Komunikasi, Puan Penentu di Pilpres 2024

- Senin, 22 Agustus 2022 | 17:01 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. (Dok. Pribadi)
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. (Dok. Pribadi)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Puan Maharani dinilai akan menjadi penentu peta koalisi partai politik dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Apalagi, Puan sudah diberi mandat oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk membuka komunikasi dengan semua parpol.

"Di sisi lain, seluruh parpol juga masih menunggu langkah dari partai berlambang banteng itu," kata pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago, Senin (22/8).

Dia meyakini, Puan akan menjadi sosok penting untuk menentukan peta koalisi parpol. Bahkan, hingga kandidat yang akan diusung dalam Pilpres 2024.

"Memang aktornya Mbak Puan. Kita melihat prospek koalisinya, PDIP mudah berkoalisi dengan siapa saja. Itu kan tergantung Mbak Puan ya," ujarnya.

Dikatakan, sejumlah parpol lain saat ini memang sudah membangun koalisinya masing-masing. Namun dia menilai, koalisi yang sudah terbangun itu bisa dilihat hanya sekedar penjajakan dan basa-basi.

"Karena belum memiliki arah yang jelas. Dengan ditugaskannya Mbak Puan untuk membuka komunikasi dengan seluruh parpol, maka bukan tidak mungkin koalisi yang ada saat ini bisa buyar," tandasnya.

Dia menambahkan, praktis tidak ada satupun sampai sekarang yang koalisinya sudah matang. Itu karena masih menunggu PDIP.

"Saya mengakui kepiawaian Puan dalam membuka komunikasi dengan semua partai politik yang ada. Saya justru menilai Puan bisa menjadi sosok politisi yang lebih baik dari Megawati, dalam hal membuka komunikasi politik," tegasnya.

Fleksibel
Sebab, Puan tidak punya sejarah masa lalu dengan tokoh politik lain. Sehingga membuat dia bisa lebih fleksibel dalam membuka komunikasi dengan semua pihak.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X