Pertanian Tentukan Hidup Matinya Sebuah Bangsa

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menanam singkong di Desa Ujung Gunung Udik, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. (Dok. Media Ketua DPR RI)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menanam singkong di Desa Ujung Gunung Udik, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. (Dok. Media Ketua DPR RI)

TULANG BAWANG, suaramerdeka-jakarta.com - Pertanian dinilai sebagai hidup matinya sebuah bangsa. Karenanya, aspirasi para petani harus diperjuangkan.

"Kami akan memperjuangkan aspirasi Bapak/Ibu sekalian di DPR RI, sehingga bisa diperjuangkan di komisi terkait," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat meninjau lahan singkong di Desa Ujung Gunung Udik, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Rabu (24/8).

Menurutnya, DPR sangat memperhatikan kesejahteraan petani. Puan menyebut, jika pertanian maju berarti petani petaninya pun ikut sejahtera.

"Indonesia memerlukan regenerasi petani. Anak muda jangan sampai tidak mau jadi petani," ujarnya. Di tempat itu, Puan juga ikut menanam singkong bersama 30 petani.

Saat menanam singkong, Puan diapit oleh petani bernama Niluh dan Adi. Keduanya mengajari Puan tata cara menaman singkong.

"Menanam singkong ternyata tidak mudah ya. Kelihatannya mudah. Tapi harus dilihat di batang bibit, ada matanya tidak," tandasnya.

Adapun singkong yang ditanam Puan adalah varietas sekoci. Yakni jenis singkong untuk industri. Singkong tersebut akan siap panen dalam 7 bulan, untuk diolah di pabrik tepung tapioka.

Permasalahan
Selain menanam singkong bersama petani, Puan datang untuk mendengar permasalahan petani singkong. Seperti diketahui, pertanian merupakan penyumbang perekonomian terbesar di Tulang Bawang.

"Kesulitan kami soal pupuk. Subsidi sudah dihilangkan. Sekarang kami pakai pupuk organik yaitu kotoran kambing," ungkap Adi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X