Mengisi Sensasi pada Jeda di Pemberhentian KA Bernama Cipeundeuy

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 16:06 WIB

DIRUT KAI, Didiek Hartantyo tumben-tumbenan memposting suasana di Stasiun Cipeundeuy, Kabupaten Garut di akun sosmednya pada pekan lalu. Lebih-lebih, dia menyoroti aktivitas kuliner di stasiun wajib berhenti bagi KA lintas jalur selatan Bandung-Kroya itu.

Mau menampung lagi pedagang asongan di sana? Kode bakal ada perbaikan di stasiun tersebut mengingat posisinya yang strategis, atau sebatas menangkap moment saja, hingga kemudian tak lebih sebagai angin lalu saja

Sebelum perubahan besar terjadi dalam pelayanan KAI, Stasiun Cipeundeuy dulunya memang kahot sebagai sentra pedagang asongan yang mewarnai perjalanan KA. Bahkan di timur stasiun, ada semacam lapak-lapak pedagang setempat guna menjajakan makanan dan minuman jualannya.

Keberadaan mereka seolah terbantu durasi berhenti KA di stasiun tersebut yang relatif cukup lama. Waktu luang itu memberikan kesempatan bagi pedagang untuk bertransaksi dengan penumpang. Beli nasi ayam srundeng misalnya.

Baca Juga: Daop 2: Ada Masa Transisi Tiga Hari Dalam Aturan Perjalanan Terbaru Naik KA

Bahkan pecel dari timur hingga Jeruk Garut atau Salak Manonjaya, kacang goreng, tahu lontong, rempeyek udang atau kacang, kemudian es teh atau kopi yang gelas-gelasnya mirip-mirip punya Restorka ketika itu, hingga minuman bersoda, tersedia.

Lamanya waktu berhenti itu tak terlepas dari posisi Stasiun Cipeundeuy sebagai titik kontrol. Selepas menanjak atau menurun dari barat ke timur dan sebaliknya karena trek berkelok-kelok yang membelah lembah dan bukit sehingga pengecekan rem, level keprimaan rangkaian mau tak mau mesti dilakukan di stasiun kelas dua tersebut.

Praktik itu masih mengisi jam-jam perjalanan KA yang melewatinya setiap harinya hingga kini. Lumayan sekitar 10-15 menit berhentinya. Bisa lebih lama, kalau kebetulan menunggu kedatangan KA lainnya dari arah yang berlawanan.

Baca Juga: Kena Promo Agustusan, 7 Ribu Lembar Tiket 5 KA Keberangkatan dari Bandung & Kiaracondong

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Sido Muncul Bantu Cianjur

Selasa, 6 Desember 2022 | 06:33 WIB

Perpusnas Sejahterakan Masyarakat

Senin, 5 Desember 2022 | 15:46 WIB
X