Anggota DPR Nilai Penting Literasi Digital bagi UMKM.

- Senin, 29 Agustus 2022 | 05:04 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- H.M Idham Samawi, Anggota Komisi I DPR RI mengatakan pada tahun 1966, Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia pernah mengingatkan bahwa bangsa ini berjalan di jalan yang benar ketika berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan, Trisakti.

Dia menjelaskan membicarakan UMKM sama artinya dengan membicarakan Trisakti kedua dari apa yang disampaikan Bung Karno. "UMKM memainkan peran strategis bagi perekonomian Indonesia dan telah memberikan lapangan pekerjaan yang sangat besar," katanya pada Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan hasil kerja antara Komisi I DPR RI dengan Ditjen Aptika Kemkominfo pada Senin, 25 Juli 2022.

Webinar dengan tema Kemajuan Internet dan Peran UMKM dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa tersebut menghadirkan narasumber lainya yakni Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pengerapan BSc, Kepala Dinas KUKM Perindag Kabupaten Bantul Drs. Agus Sulistiyana, M.M dan Dosen Universitas Mercu Buana, Jakarta Dudi Iman Hartono.

Baca Juga: Lakukan Transformasi Digital Untuk Indonesia Maju

Idham yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P itu menjelaskan Pemerintah melalui Kemkominfo perlu melatih UMKM Indonesia dalam berselancar di dunia maya, dunia digital dengan anggaran negara demi menatap masa depan Indonesia dalam rangka mewujudkan berdikari di bidang ekonomi.

Sementara untuk mengamankan ruang digital dari aktivitas penipuan dan berita bohong hoaks, meskipun ini menjadi tanggung jawab negara, tetapi semua pihak harus terpanggil secara bersama-sama, baik warga negara maupun pemerintah untuk menjaga ruang Indonesia dalam rangka menatap masa depan Indonesia yang lebih baik.

Kepala Dinas KUKM Perindag Kabupaten Bantul Drs. Agus Sulistiyana, M.M mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi kegiatan usaha yang padat karya serta memaksimalkan dalam mendayagunakan skill atau keterampilan, menciptakan lapangan kerja dengan biaya rendah dan mempunyai keterkaitan antara berbagai sektor usaha.

Baca Juga: Ruang Digital Perlu Diisi dengan Budaya Indonesia

Sektor UMKM di Indonesia mempunyai peluang yang besar seiring dengan pengembangan berbagai teknologi serta tidak banyak tergantung kepada faktor eksternal.
Mengisi diberbagai ceruk pasar dan selang waktu produksi sangat singkat. Selain itu, sektor UMKM berkeperluan modal sangat kecil.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atmos Hadir Lagi di Urban Sneaker Society 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:09 WIB

Farha, Banyak Kejahatan di Luar Sana.

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:30 WIB
X