Tiga Titik di Pangandaran Terhantam Gelombang Tinggi, Garut Selatan Relatif Aman

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:40 WIB
Gelombang tinggi Pantai Selatan Jabar (bmkg/ist)
Gelombang tinggi Pantai Selatan Jabar (bmkg/ist)

 

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Tiga titik di Pangandaran terdampak gelombang tinggi yang melanda kawasan yang dikenal sebagai destinasi unggulan tersebut, Selasa (30/8/2022) pagi.

Ketiga lokasi terdampak itu adalah Dusun Cidadap, Desa Legokjawa Kecamatan Cimerak, objek wisata Batu Hiu Dusun Golempang, Desa Ciliang, Parigi, dan Restoran Kampung Turis Blok Pamugaran, Desa Wonoharjo, Pangandaran.

"Untuk Batu Hiu dan Kampung Turis, tidak mengakibatkan kerugian materi dan kondisinya sudah normal kembali," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran, Kustiman saat dihubungi.

Untuk Dusun Cidadap, Legokjawa, Cimerak, BPBD setempat mencatat bahwa jembatan kayu sementara yang menghubungkan antara Cidadap ke Dusun Legok terputus karena hanyut terbawa arus.

Baca Juga: Atasi Rob Pantura Jateng, Tanggul Tetap Tapi Pemetaan Berkelanjutan Penting

Sedangkan di Batu Hiu, jalan di kawasan tersebut sempat tergenang sedangkan di Kampung Turis mengakibatkan meja dan kursi di area restoran dan caffe tersapu oleh gelombang air rob yang terjadi namun tidak mengakibatkan kerugian materi.

Menurut dia, kejadian tersebut disebabkan tingginya gelombang di perairan selatan Jawa Barat dengan ketinggian antara 4-6 meter sehingga menyebabkan banjir rob.

Aktivitas wisata sendiri tak terganggu. Hanya saja, sosialisasi kewaspadaan akan dampak gelombang pasang diintensifkan terutama warga yang tinggal di pesisir.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X