BWCF; Koreografi, Sinema dan Arkeologi

- Kamis, 1 September 2022 | 22:13 WIB
BWCF; Koreografi, Sinema dan Arkeologi (Tangkapan Layar)
BWCF; Koreografi, Sinema dan Arkeologi (Tangkapan Layar)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Beberapa tahun terakhir di Indonesia wacana tentang Dance Film berkembang. Dance Film adalah bagian tak terpisahkan dari seni tari. Dance Film merupakan “panggung” baru bagi koreografer. Dalam sebuah Dance Film: gerak,  bloking-bloking dan dramaturgi tari diambil dari sudut-sudut tafsir sinematik. Dance Film walhasil membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam dunia tari.    

BWCF (Borobudur Writers and Cultural Festival) bermaksud menyajikan sebuah Dance Film sederhana yang berkaitan dengan dunia arkeologi. Arkeologi sendiri bukanlah dunia asing bagi tari kontemporer Indonesia.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Banyak penari dan empu gerak seperti almarhum Suprapto Suryodarmo berproses dari candi ke candi bahkan di lokasi-lokasi peninggalan megalitik. Sardono W Kusumo juga kerap melakukan eksplorasi di berbagai candi di Indonesia sampai kuil-kuil Jepang.       

Dance Film Mahendraparvata sederhana produksi BWCF ini menyajikan karya tari dengan latar situs situs arkeologis di kawasan perbukitan Phnom Kulen (Kamboja) dan kawasan Borobudur.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

Ditarikan oleh dua  penari Kamboja dan dua penari Jawa, karya ini memetaforakan adanya hubungan  Jawa  kuno dan Kamboja kuno lewat perjalanan sepasang topeng. 

Dalam studi arkeologi, hubungan Jawa dan Kamboja di masa kuno dapat diketahui dari terjemahan prasasti Sdok Kak Thom yang ditemukan di perbatasan Thailand dan Kamboja.

Baca Juga: Bohong

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X