Pengamat; Ihwal Ukraina, Jokowi Abaikan Nurani Rakyat

- Jumat, 2 September 2022 | 09:49 WIB
Bendera Ukraina (Istimewa)
Bendera Ukraina (Istimewa)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Pengamat Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Sahid Dr. Algooth Putranto menilai Pemerintah Joko Widodo telah mengabaikan nurani rakyat yang tidak menyetujui tindakan Rusia menyerbu Ukraina.

“Hasil survei SMRC sudah sangat jelas bahwa mayoritas responden tidak setuju Rusia menyerbu Ukraina dan menilai sebaiknya Presiden Jokowi mengambil peran aktif ikut mendamaikan perang Rusia-Ukraina. Yang terjadinya malah pemerintah kita tak tegas,” tuturnya, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Hasil riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang Opini Publik tentang KTT G20 yang dilakukan 5 – 13 Agustus 2022 mendapati sebanyak 71% tidak setuju Rusia menyerbu Ukraina dan 58% menilai sebaiknya Presiden Jokowi mengambil peran aktif ikut mendamaikan perang Rusia-Ukraina.

Menariknya, mayoritas responden yang tidak setuju tidak kemudian mendukung pelarangan Rusia menghadiri kegiatan G20 di Bali. Sehingga dapat diartikan masyarakat kita sudah dapat membedakan antara bersikap dan bertingkah laku sebagai tuan rumah kegiatan internasional.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

Hal ini jelas bertolak belakang dengan sikap pemerintah Joko Widodo yang cenderung ragu bersikap terhadap Rusia. Di panggung diplomasi, Kementerian Luar Negeri maupun Presiden Joko Widodo selalu bermain cantik di forum PBB.

Jokowi yang terpilih pada Pemilu 2014, di tahun 2016 berani membusungkan dada di depan agresivitas China di Natuna. Pemilih terdidik tentu sadar itu sekadar pertunjukan, namun itu dibutuhkan untuk menunjukkan sikap kebangsaan kita,” tuturnya.

Baca Juga: Bohong

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X