Isu Ekonomi, Hasto: PDIP Utamakan Keberpihakan Kepada Rakyat Miskin

- Jumat, 2 September 2022 | 19:03 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memprediksi isu ekonomi akan menjadi senjata bagi pihak-pihak yang ingin menjatuhkan keberhasilan partai dan pemerintahan Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin di Pemilu 2024.

Hasto meminta kader Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) untuk menangkal isu tersebut karena situasi ekonomi yang terjadi saat ini sebenarnya berasal dari faktor eksternal.

Hal itu disampaikan Hasto saat membuka agenda Rakorbidnas Bidang Agama dan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Mukernas Bamusi Tahun 2022 dengan tema Moderasi Beragama Memperkuat Persatuan Bangsa di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

"Ini kami sampaikan karena 2024, kita menghadapi suatu tantangan yang tidak mudah. Berbagai persoalan ekonomi saat ini, inflasi terjadi kenaikan akibat dipicu ketidakpastian global, perang Rusia-Ukraina, yang menciptakan krisis pangan, energi, dan kemudian memicu inflasi, memberatkan rakyat kecil," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menerangkan beban subsidi yang ditanggung Pemerintahan Jokowi-KH. Ma'ruf Amin begitu besar di atas Rp 500 trilliun.

"Ke depan, harus kita sikapi agar situasional tersebut tidak dipakai kekuatan-kekuatan lain yang ingin mendorong dalam menjatuhkan legitimasi Bapak Presiden Jokowi," jelas dia.

Doktor Ilmu Pertahanan itu mengatakan bahwa PDIP memahami beratnya beban pemerintah dalam mempertahankan biaya subsidi.

Namun, Hasto juga memastikan partai politik yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu tetap berpihak kepada masyarakat kecil dengan kesulitan-kesulitan yang ada.

"Keberpihakan kepada rakyat miskin, marhaen, itulah yang harus dikedepankan dan itulah yang harus kita prioritaskan sesuai dengan arahan Bu Mega. Skala prioritas kita yang harus dipahami seluruh sayap partai, termasuk Bamusi bahwa situasi saat ini tidak mudah. Situasi saat ini memerlukan adanya suatu gerakan ke bawah, bukan kekuatan elite kekuasaan, agar di tengah kesulitan pandemi yang belum selesai ini, kita dapat membangun suatu optimisme ke depan," tandas Hasto.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB

Instruksi Jokowi, Stabilkan Harga Beras!

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:43 WIB

Perayaan Natal Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2022

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:27 WIB

Ke Pasar Beringharjo, Ibu Iriana: Ayo Borong

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:20 WIB
X