Unik, Cara Kampus Winduaji UNU Purwokerto Rekrut Calon Mahasiswa

- Sabtu, 3 September 2022 | 19:44 WIB
ppmb
ppmb

BUMIAYU-Berbagai cara untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan formal, khususnya perguruan tinggi. Salah satu yang ditempuh oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNU Purwokerto-Kampus Winduaji adalah dengan cara mendatangi langsung ke rumah rumah calon mahasiswa.

PPMB UNU Purwokerto-Kampus Winduaji berkunjung langsung dari rumah ke rumah para lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat di wilayah Brebes. Mengingat, minimnya kesadaran dan kemampuan lulusan SMU/SMK di wilayah Brebes. "Rata-rata lulusan tiap SMU/SMK di wilayah Brebes Selatan yang melanjutkan pendidikan ke peruguran tinggi masih di bawah lima persen," ujar Koordinator Pengelola UNU Purwokerto-Kampus Winduaji, Ermi Asrifah kepada wartawan, Sabtu (3/9).

Ermi mengatakan, untuk menumbuhkan semangat atau kesadaran untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, jajaran PPMB UNU Purwokerto-Kampus Winduaji melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kendala-kenadala masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Menurutnya, mayoritas peserta didik SMU/SMK di wilayah Brebes Selatan selama sekolah, belum ada niat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. "Dalam benak mereka dan keluarga mereka setelah lulus SMU/SMK pergi ke luar negeri untuk menjadi Tenaga Kerja Indonesia, atau bekerja di pabrik," ujar Ermi.

Ermi mengatakan, materi sosialisasi yang dipaparkan di antaranya tentang manfaat pendidikan di perguruan tinggi hingga tentang biaya kuliah terjangkau di UNU Purwokerto-Kampus Winduaji. "Kuliah di UNU Purwokerto itu biayanya sangat terjangkau dan banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa."

Sebelumnya, Rektor UNU Purwokerto, Prof Achmad Iqbal menjelaskan, UNU Purwokerto memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat yang ingin kuliah, khususnya dari biaya pendidikan. "Yang penting kuliah dulu, kalau betul-betul tidak sanggup bayar SPP, nanti setelah lulus bisa baru bayar SPP," ujar Iqbal saat memberikan sambutan dalam kuliah umum dengan narasumber Menteri BUMN, Eric Thohir yang di selenggaran di UNU Purwokerto pada awal tahun 2022.

Iqbal berharap, dengan adanya UNU Purwokerto tidak ada lagi alasan biaya untuk kuliah. Mengingat, banyak kemudahan yang diberikan oleh UNU Purwokerto dengan tetap menjaga mutu pendidikan.(***)

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X