Dinilai Cerdas, Elektabilitas Puan Maharani Terus Merangkak Naik

- Sabtu, 3 September 2022 | 20:16 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Direktur Eksekutif Lembaga survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Kunto Adi Wibowo mengungkapkan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus meningkat, bahkan masuk empat besar calon presiden.


Hal itu disampaikan Kunto saat memaparkan hasil survei KedaiKOPI, di Jakarta, Sabtu (3/9/2022). 

Kunto menambahkan dalam survei kali ini, elektabilitas Puan sudah jauh meningkat dari survei-survei sebelumnya yang digelar sejumlah lembaga lain.

Baca Juga: Michelin Operasikan Pengolahan Air Limbah, Akan Gunakan Air Daur Ulang untuk Produksi Ban

Kunto menambahkan para responden menilai Puan adalah sosok cerdas. "Responden yang memilih Puan mengungkapkan alasan mereka bahwa Puan adalah sosok yang tegas, berani, dan cerdas," ucapnya.


Menurut Kunto survei tersebut, dilakukan dengan metode "face to face interview" dan digelar dari 3-18 Agustus 2022 dengan. Ada 1197 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah Indonesia.
 

Baca Juga: Dukungan Daerah Terus Bertambah, Anggawira Ingin Kader HIPMI Tumbuh Bersama

sedangkan urutan pertama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26 persen), urutan kedua Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18 persen), dan urutan ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,5 persen).
 
Dalam hasil survei tersebut Puan mengungguli nama besar lainnya, seperti Ridwan Kamil (7,7 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (1,5 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,3 persen).
 
Sedangkan hasil survei KedaiKOPI dalam survei metode tertutup di mana responden diberi sejumlah pilihan nama 19 tokoh, lagi-lagi Puan tetap berada pada posisi keempat dengan elektabilitas 11,3 persen.

Baca Juga: Unik, Cara Kampus Winduaji UNU Purwokerto Rekrut Calon Mahasiswa
 
Puan dalam skema tertutup tersebut, kata Kunto, hanya kalah dari Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.
 
Kunto menambahkan dalam survei kali ini, elektabilitas Puan sudah jauh meningkat dari survei-survei sebelumnya yang digelar sejumlah lembaga lain.
 
Puan, dinilai Kunto masih sangat mungkin untuk terus meningkatkan elektabilitasnya karena masih banyak waktu sampai Pilpres 2024 digelar.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Tol Akses Patimban Ditargetkan Rampung 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:46 WIB

LMK Pelari Nusantara Beri Tali Asih Haji Ukat.

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:55 WIB
X