Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Borobudur, Henry Indraguna Soroti Integritas Hakim

- Kamis, 8 September 2022 | 08:49 WIB
Henry Indraguna saat siding fujian terbuka Doktor Ilmu Hüküm di Universitas Borobudur Jakarta. (tresnawati/suaramerdeka-jakarta)
Henry Indraguna saat siding fujian terbuka Doktor Ilmu Hüküm di Universitas Borobudur Jakarta. (tresnawati/suaramerdeka-jakarta)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Integritas hakim di Indonesia masih perlu terus ditingkatkan, bila ingin mewujudkan hukum yang berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Di mata Dr Henry Indraguna, SH, MH masih banyak hakim yang belum memiliki integritas yang cukup, sehingga hukum masih tajam ke bawah tumpul ke atas.

Untuk itu, pengacara kondang ini mengusulkan agar kewenangan Komisi Yudisial (KY) sebagai lembaga yang menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim lebih diperkuat.

Yakni bisa memberikan sanksi kepada hakim yang terbukti melanggar peraturan dan undang-undang.

Usulan tersebut kata dia, agar integritas hakim bisa terjaga guna mewujudkan independensi hakim sehingga putusan bisa memenuhi keadilan para pencari keadilan.

"Melalui optimalisasi pengawasan hakim secara eksternal memang sudah ada lembaga KY,’’ kata Henry Indraguna.

Baca Juga: Timnas U-20 Sudah Berada di Surabaya, Siap Tempur di Kualifikasi Piala AFC

‘’Namun sifatnya hanya rekomendasi ke Mahkamah Agung (MA). Seharusnya KY diberi kewenangan yang luas untuk memutuskan salah atau tidak dengan memberikan sanksi pidana," ujar Henry kepada wartawan usai sidang Disertasi Program Doktor Hukum (S3) Program Pascasarjana Universitas Borobudur, di Jakarta, Sabtu, 3 September 2022.

Anggota Tim Ahli Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Dewan Pertimbangan Presiden

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X