Jangan Hanya Perspektif Senjata, Komcad Perlu Pahami Isu Global, Kuatkan Basis Digital

- Kamis, 8 September 2022 | 14:37 WIB
Komcad
Komcad

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Wapres KH Ma'ruf Amin meminta anggota komponen cadangan memahami pula isu global sebagai bagian dari modal sosial dalam rangka menghadapi potensi ancaman terhadap kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa.

Wapres mengingatkan ancaman tersebut tak hanya berasal dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Dia mencontohkan pandemi Covid-19 beserta dampaknya yang telah menimbulkan berbagai gejolak di berbagai sektor kehidupan, di seluruh dunia. Ketahanan nasional diuji.

Hal itu dikatakan Ma'ruf Amin pada saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) 2022, di Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (08/09/2022).

“Salah satu misi penting yang dapat diemban oleh Komponen Cadangan adalah dengan meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk mempererat persatuan dan kesatuan. Modal sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan, menuju Indonesia Maju,” katanya.

Baca Juga: Panglima TNI Peringatkan Jangan Ada Yang Curang di Seleksi Pantukhir Calon Taruna Akademi TNI

Untuk itu, Wapres meminta sejumlah langkah dilakukan guna dapat memupuk modal sosial tersebut. Di antaranya pelatihan pertahanan Komponen Cadangan didesain dalam perspektif yang luas, menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman non-tradisional.

Dengan demikian, jelas Ma'ruf Amin, pola pikir dalam mempertahankan kesatuan negara tidak hanya dalam perspektif senjata. Namun lebih luas lagi, dapat dilakukan dengan berbasis digital.

Pasalnya pertahanan modern mengutamakan teknologi informasi dan komunikasi, peralatan canggih berbasis digital. "Perlu dimasukan kurikulum pelatihan," katanya.

Baca Juga: Wapres KH Ma'ruf Amin : Kinerja Ekonomi dan Syariah Indonesia Duduki Posisi Ke-4 Dunia

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X