Prabowo Masih Jadi Kandidat Paling Potensial Pilpres 2024

- Jumat, 9 September 2022 | 21:40 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Persaingan tokoh potensial menuju Pilpres makin hangat, setidaknya tiga tokoh potensial selalu dominan yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Meski demikian, Prabowo masih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
 
"Posisi elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3%, Ganjar 20%, dan Anies 14,9% . Ini tentu menarik ditengah parpol menggalang poros politik dan tokoh potensial nonparpol mendekati parpol, Prabowo bertengger paling atas mengalahkan Ganjar dan Anies," papar Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, Jumat (9/9/2022). 
 
Menurut Arif, setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB selain kinerjanya dianggap baik oleh publik. Sementara Ganjar dan Anies mengalami stagnansi karena publik belum melihat kinerja yang moncer sehingga melirik tokoh lain. Tampaknya, lanjut Arif, publik luas juga menyadari bahwa apa yang dipertontonkan dari konten-konten yang diunggah di Medsos oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu benar adanya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan saja bukan yang sebenar-benarnya. 
 
Arif menjelaskan, pemilih terbesar Prabowo berasal dari pemilih Parpol Gerindra (14,7%), PDIP (4,1%), PKB (3,5%), Perindo (1,5%) dan Golkar (1,2%). Pemilih Gerindra cenderung solid dukungannya terhadap Prabowo. Dia pun menilai, pernyataan Sandiaga Uno yang siap menyatakan diri menjadi capres tidak berimbas sama sekali terhadap pemilih Prabowo dan Gerindra. 
 
Sementara, Arif mengatakan, pemilih terbesar Ganjar berasal dari pemilih Parpol PDIP (8,5%). Namun belum cukup maksimal karena masih belum jelas dan definitifnya keputusan PDIP terkait Capres yang diusung, apalagi pemilih PDIP lebih loyal terhadap partai dibanding capres yang diusung. 
 
Lebih lanjut, Arif menambahkan, AHY dan Erick Thohir berada pada posisi lima besar. Ada dua hal yang mengejutkan pertama Puan dan kedua Sandiaga Uno. Meskipun elektabilitas Puan berada di posisi ke-6 namun ia mengalami kenaikan berarti. Sandiaga mengalami penurunan elektabilitas seiring definitifnya dukungan Partai Gerindra terhadap Ketua Umumnya, Prabowo Subianto menjadi Capres 2024 nanti dan Deklarasi Capres yang dilakukan Prabowo pada pertengahan Agustus 2022 lalu. 

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X