Fasilitas Produksi OK, Vaksin Indovac Siap Digunakan

- Senin, 12 September 2022 | 17:17 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Wamen BUMN, Pahala Nugraha Mansury menegaskan kesiapan Bio Farma dalam memproduksi vaksin Covid-19, Indovac sehingga bisa secepatnya digunakan di masa pandemi.

"Kita cek kesiapan fasilitas produksinya, data ke BPOM juga hasilnya baik, sehingga sesegera mungkin bisa digunakan," katanya saat kunjungan kerja ke Puskesmas Dago Bandung, Senin (12/9/2022).

Kunjungan itu berkaitan dengan pelaksanaan uji klinis ketiga, vaksin tersebut menjadi booster. Sebanyak 900 relawan dewasa terlibat dengan pelaksanaan tersebar di Bandung dan Denpasar.

Hal itu tak terlepas dari keberhasilan uji klinis tahap pertama dan kedua. Menurut Dirut Bio Farma, Honesty Basyir, efikasi Indovac cukup menggembirakan. Sekitar 80 persenan, dalam metode vaksin control.

IndoBaca Juga: Tahap Awal, Vaksin Indovac Siap Diproduksi Hingga 20 Juta Dosis

Vaksin control itu dalam artian dibandingkan dengan vaksin sejenis. Jubir Bio Farma, Iwan Setiawan menyebut bahwa vaksin pembanding tersebut yang mempunyai platform dan teknologi yang sama. 

Dengan hasil tersebut pula, kemudian pelaksanaan uji klinis ditujukan untuk penggunaan booster. Bahkan, secara bertahap, akan dilakukan pula uji klinis untuk penggunaan bagi anak-anak.

Untuk penggunaan vaksin massal, Indovac juga sudah memungkinkan. Mereka tinggal menunggu persetujuan dari BPOM atas izin penggunaan darurat untuk digunakan sebagai vaksin Covid-19 dasar.

Baca Juga: Bio Farma Beri Kesempatan Produk Dalam Negeri Pasok Bahan Baku Farmasi

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X