Keuntungan untuk Indonesia bergabung Dalam IPEF

- Rabu, 14 September 2022 | 08:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Arlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) mengikuti pertemuan Indo Pacific Economy Framework, atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Arlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) mengikuti pertemuan Indo Pacific Economy Framework, atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik.

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Arlangga Hartarto baru saja mengikuti pertemuan Indo Pacific Economy Framework, atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik.

Forum kerja sama ekonomi baru ini digagas oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada pertengahan Mei 2022 lampau, di mana Indonesia langsung bergabung bersama 13 negara kawasan Indo-Pasifik lainnya.

Airlangga melihat, Indonesia dan kawasan Asia Tenggara dapat menarik manfaat dari keberadaan IPEF. Karena itulah Indonesia terlibat sejak awal ikut terlibat dan memastikan kerjasama ekonomi ini memberikan keuntungan yang berimbang bagi semua negara anggota.

Baca Juga: KSP: Panglima TNI Itu Jabatan Politik

 

Ada empat prinsip yang bisa digaris bawahi dalam kerangka kerjasama ini. Pertama, IPEF harus menghasilkan kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan.

Kemudian, harus bersifat inklusif dan terbuka bagi semua negara di kawasan. Berikutnya, IPEF tidak menciptakan tantangan-tantangan pembangunan baru bagi negara-negara kawasan. Dan terakhir, IPEF harus mendorong sinergi dengan kerangka kerja regional lainnya.

Dari empat pilar dalam IPEF itu, Indonesia dan kawasan Asia Tenggara dapat menarik manfaat dari keberadaan IPEF.

Baca Juga: Paham Ekonomi, Miliki Popularitas, dan Elektabilitas, Sandiaga Uno Dinilai Capres Potensial 2024

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X