Buntut Pernyataan Effendi Simbolon yang samakan TNI dengan Ormas, PDIP Terancam Ditinggalkan Keluarga TNI

- Rabu, 14 September 2022 | 14:04 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon.  (dpr.go.id)
Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon. (dpr.go.id)


JAKARTA- Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon terus menuai kritikan usai pernyataannya yang menyamakan TNI dengan gerombolan Ormas.

Pernyataan anggota fraksi PDIP itu dilontarkan saat rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9) lalu.

Hingga kini, ucapan pemilik nama lengkap Effendi Muara Sakti Simbolon itu berbuntut panjang.

"TNI punya arti penting dan kontribusi bagi bangsa, negara dan masyarakat. Sehingga tidak baik jika dikatakan demikian," kata pengamat politik Apep Agustiawan.

Baca Juga: Saat Bu Mega Lakukan Love Sign dan Ucapkan Saranghaeyo

Terlebih lagi, TNI merupakan  institusi yang patut dihormati dan dijunjung tinggi karena memiliki SDM terlatih, terdidik, dan berpendidikan tinggi. 

Tak ayal, ucapan Effendi dianggap telah menyakiti keluarga besar TNI. Buruknya lagi, bisa berdampak pada perolehan suara PDI Perjuangan pada pemilu legislatif ataupun presiden pada 2024.

Keluarga prajurit TNI, veteran, serta kalangan anak muda terancam tidak memilih PDI Perjuangan. Apalagi banyak generasi muda yang bercita-cita besar ikut membangun bangsa dengan menjadi TNI.

"Dia (Effendi) harus minta maaf terbuka. Sebab, gelombang kecaman bisa semakin besar dan membuat Effendi termasuk PDI Perjuangan kehilangan suara, respek dari keluarga prajurit TNI yang jumlahnya jutaan. Mereka berpotensi tidak akan memilih PDIP karena ulah Effendi Simbolon," tambah sosok asal STMIK Binus tersebut.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Liverpool Menang Susah Payah Atas Ajax 2-1, Joel Matip Jadi Pahlawan

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X