SMRC: Penerimaan Publik pada Puan Rendah

- Kamis, 15 September 2022 | 17:00 WIB

Jakarta, suaramerdeka-jakarta.com - Temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Siapa Calon Presiden PDIP 2024?” menunjukkan Puan Maharani belum kompetitif untuk maju sebagai calon presiden. SMRC juga menyebut penerimaan masyarakat terhadap Puan rendah.

Dalam survei Februari sampai Maret 2021, ada 60 persen warga yang tahu Puan menyatakan suka padanya. Pada survei terakhir (Agustus 2022) mengalami penurunan menjadi 44 persen.

"Ini masalah, karena tingkat penerimaan publik pada Puan rendah dan cenderung semakin lemah," ujar pendiri SMRC, Saiful Mujani, Kamis (15/9/2022).

Dia lantas membandingkan tingkat penerimaan pada Ganjar Pranowo paling tinggi (83 persen pada survei Agustus 2022). Ini konsisten dengan tingkat elektabilitasnya yang juga tertinggi. Tingkat penerimaan Anies juga tinggi (74 persen). Dibanding Prabowo (71 persen), tingkat penerimaan Anies lebih tinggi.

“Gap penerimaan publik pada Puan terlalu jauh dibanding dengan tiga nama lain (Ganjar, Prabowo, dan Anies),” jelas Saiful.

Menurutnya, salah satu kemungkinan penjelasan dari penerimaan yang rendah pada Puan adalah bahwa masyarakat Indonesia lebih menyukai tokoh yang tidak berasal dari kalangan elit. Ganjar, Anies, atau Jokowi, kata Saiful, pada dasarnya no body. Orang Indonesia memiliki kecenderungan menyukai tokoh yang berjuang lebih independen atau tidak bergantung pada kebesaran nama orang lain.

Saiful melihat bahwa jika kecenderungan likeability negatif, maka akan sangat susah untuk membuka peluang karena semakin disosialisasikan, publik justru makin resisten.

"Ini harus menjadi perhatian yang sangat serius bagi PDIP jika mereka ingin mempertahankan memiliki presiden yang berasal dari kadernya kembali," katanya.

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X