Ngeri, Kekalahan Rusia Kuak Kejahatan Kemanusiaan Yang Ditutupi

- Minggu, 18 September 2022 | 15:30 WIB
Kota Izium di wilayah Kharkiv, Ukraina  (Istimewa )
Kota Izium di wilayah Kharkiv, Ukraina (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,-  Keberhasilan Angkatan Bersenjata Ukraina membebaskan kota Izium di wilayah Kharkiv, Ukraina Timur dari cengkeraman tentara Rusia menguak kejahatan terhadap kemanusiaan yang selama ini ditutupi melalui blokade informasi.

Skala tragedi dan jumlah mereka yang terbunuh dan disiksa di kota Izium bahkan melampaui pembantaian Bucha, Oblast yang mencapai 1300 korban. Sejak ditemukan--hanya dalam tempo dua hari--didapati 440 mayat dalam satu tempat.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Kementerian Pertahanan Ukraina juga mengumumkan penemuan kuburan massal tersebut lewat akun Twitter resminya. “Kuburan massal ditemukan di Izium setelah pembebasan dari (pasukan Rusia),” tulisnya.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyamakan penemuan kuburan massal di Izium dengan pembantaian warga sipil di Bucha pada awal agresi Rusia. “Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab,” ujar Zelensky dalam pidatonya pada Kamis (15/9) waktu setempat.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

Kota Izium di wilayah Kharkiv, Ukraina Timur memiliki kepentingan taktis yang luar biasa bagi pasukan pendudukan Rusia, serta pusat transportasi dan logistik yang sangat signifikan. Izium telah berada di bawah pendudukan Rusia selama lima setengah bulan sejak awal April.

Propaganda Pemerintah Rusia melakukan yang terbaik untuk mengklaim bahwa tentara Kremlin benar-benar membantu penduduk setempat, dan bahwa Rusia ada di tempat tersebut selamanya.

Baca Juga: Bohong

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X