Jadi Warisan Budaya, Seribu Peserta Bawakan Secara Massal Tari Merak di Gedung Sate

- Minggu, 18 September 2022 | 16:23 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Sebanyak 1.027 peserta lengkap dengan kostumnya berpartipasi saat membawakan Tari Merak secara massal di halaman Gedung Sate Bandung, Minggu (18/9/2022).

Bertajuk “Merak Sadunya, Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara”, kegiatan itu dimaksudkan pula sebagai rasa syukur atas penetapan tari tersebut sebagai warisan budaya tak benda nasional.

Turut di barisan penari di lapangan, istri Gubernur Jabar, Atalia Praratya yang berbaur dengan 50 instruktur Tari Merak, penari dari 33 komunitas, hingga anak-anak serta diikuti secara virtual di antaranya dari AS, Inggris, dan Bulgaria.

Mereka sudah bersiap sejak pagi sedangkan tarian baru dilakukan jelang tengah hari. Sebelumnya, sejumlah sambutan dilakukan termasuk dari Gubernur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Kirtania Wayang Kamasan Ingin Jadi Wadah Lestarikan Warisan Budaya

Emil yang sadar peserta sudah lama menunggu kegiatan inti pun mempercepat materi sambutannya. Dia pun menyebut kegiatan "Merak Sadunya" sebagai hal membanggakan.

"Ini merupakan momentum penguatan budaya di tengah revolusi digital yang massif. Diharapkan, kegiatan ini bisa mempengaruhi alam sadar kita untuk sama-sama melestarikannya," katanya

Pihaknya pun mengintruksikan anak buahnya terutama jajajaran Disbudpar untuk mampu menangkap pesan dari ditetapkannya Tari Merak Sunda sebagai warisan budaya.

Baca Juga: Masyarakat Perlu Pahami, Warisan Budaya Takbenda UNESCO Bertujuan Melestarikan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertagas Raih 4 Penghargaan CSR & PDB Award 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:57 WIB

Gudang Kripto Gandeng Mahasiswa UNJ Bangun Negri

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:48 WIB

Aliando Syarief Sambangi Coach Rheo

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:48 WIB

Rian Ernest Resmi Jadi Kader MKGR

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:21 WIB
X