Pengamat Kritik AHY 'Banding-Bandingke' Pembangunan Era SBY dan Jokowi

- Selasa, 20 September 2022 | 14:46 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berorasi politik di depan kader dan elit partai
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berorasi politik di depan kader dan elit partai

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Manuver politik Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang membanggakan pembangunan infrastruktur era Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sambil menyentil era Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang disebutnya 'tinggal gunting pita' mengundang kritik pengamat.

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando EMas mengatakan, cara yang dilakukan oleh AHY dengan membandingkan pembangunan era SBY dan Jokowi adalah cara yang salah.

Alih-alih ingin mendapatkan simpati masyarakat, Fernando menilai justru tindakan itu menunjukkan kegagalan AHY sebagai pemimpin partai dalam membangun elektabilitas.

AHYBaca Juga: Nasdem, PKS dan Demokrat Diminta Deklarasikan Anies-AHY

Fernando menduga manuver itu adalah strategi tim-tim sekeliling AHY untuk bisa meningkatkan elektabilitas. "Tetapi sebaliknya, justru mendapatkan bullyan, mendapatkan tidak simpati dari masyarakat,” katanya, Selasa (20/9).

Fernando mengatakan, sikap blunder AHY disebabkan kesalahan anak buahnya dalam menyuplai data, sehingga menjadi bahan lelucon di masyarakat karena pernyataan itu disampaikan dalam forum pimpinan nasional Partai Demokrat.

Fernando menilai anak buah AHY salah dalam mengumpulkan data, karena berdasarkan data yang ia miliki pembangunan infrastruktur era Jokowi jauh lebih baik dari era SBY. SBY hanya membangun jalan tol sepanjang 189,2 km sejak 2004 hingga 2014, sedangkan pemerintahan Jokowi telah membangun jalan tol sepanjang 1.762,3 km sejak menjabat pada tahun 2014.

AHYBaca Juga: Anies Siap Maju, SKI: Jangan Ada Main Kayu Dalam Demokrasi

Kemudian pada era SBY sebanyak 24 pembangunan bandara rampung dalam kurun waktu 10 tahun, sedangkan pada era Jokowi sebanyak 29 bandara.

“Seluruh masyarakat tahu dan berdasarkan data-data yang sudah banyak muncul di publik, kan sangat jelas bahwa pada masa pemerintahan Pak Jokowi lah lebih banyak pembangunan infrastruktur," tandas Fernando seraya menyebut ada beban besar masa Pemerintahan SBY yang tidak selesai dibangun, yakni Wisma Atlet Hambalang.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Terkini

Pos Indonesia Bantu Program ATM Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:30 WIB
X