Sidang Dugaan Korupsi Migor, Togar Sitanggang Tolak Disebut Patungan Beri Uang Lembur

- Kamis, 22 September 2022 | 18:40 WIB
Denny Kailimang menjelaskan bahwa proses permohonan 41 PE dari Musim Mas group telah sesuai dengan ketentuan. (Istimewa )
Denny Kailimang menjelaskan bahwa proses permohonan 41 PE dari Musim Mas group telah sesuai dengan ketentuan. (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com, - General Manager Musim Mas Group, Pierre Togar Sitanggang keberatan disebut memberikan uang kepada Direktur Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Farid Amir. Dalam BAP disebut ada 10 ribu dolar Singapura yang diberikan Wilmar ke Farid yang disebutnya hasil patungan para pengusaha.

Togar menyebut dirinya tidak pernah sekalipun ikut patungan dan memberikan uang kepada Farid, yang diperiksa sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi minyak goreng di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

"Saya ingin klarifikasi terhadap dakwaan saya di halaman 29 perihal uang yang diterima saksi," ujar Togar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Uang yang dimaksud sebesar 10 ribu dolar Singapura yang sebelumnya diterima Farid dari perwakilan pengusaha eksportir minyak goreng

Adapun uang tersebut diterima Farid karena diperintah Indrasari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag untuk dibagikan kepada tim verifikasi permohonan Persetujuan Ekspor (PE) Crude Palm Oil (OIL).

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

"Di sana saudara bilang uang tersebut bersumber dari para perusahaa eksportir, diantaranya dari terdakwa Pierre Togar Sitanggang selaku perwakilan grup Musim Mas. Apakah saksi pernah menyanpaikan kesaksian secar resmi di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) mana pun kepada penyidik dan menyampaikan sebagian uang tersebut dari saya?" tanya Togar.

Atas pertanyaan itu, Farid menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah menyampaikan hal itu kepada penyidik. "Tidak," tegas Farid.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Semeru Awas! Hampir 2 Ribu Jiwa Mengungsi

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:18 WIB

Prita Kemal Gani Terus Menginspirasi.

Minggu, 4 Desember 2022 | 11:46 WIB

Peneliti Asing Erik Meijaard Dilaporkan Melanggar UU

Sabtu, 3 Desember 2022 | 23:57 WIB

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB
X