Pembangkit Pemikul Beban Puncak PLN Mulai Dibangun, Investasinya USD 850 Juta, Gunakan Teknologi Pump Storage

- Jumat, 23 September 2022 | 13:51 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cisokan berkapasitas 4 x 260 megawatt (MW) yang diproyeksikan sebagai pembangkit pemikul beban puncak mulai bergulir pembangunannya pada pekan ini.

Hal tersebut ditandai dengan peresmian proyek infrastruktur kelistrikan senilai USD 850 Juta yang terletak di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Cianjur, Jawa Barat itu secara virtual dari Nusa Dua, Bali pada Kamis (22/9/2022).

Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, pembangunan PLTA Cisokan itu merupakan wujud komitmen perseroan dalam ikhtiar menurunkan emisi karbon sekaligus meningkatkan bauran pembangkit EBT.

Terlebih, PLN mempunyai agenda untuk segera memensiunkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sehingga membutuhkan pembangkit pengganti yang bisa menjadi baseload. PLTA Cisokan yang ditargetkan beroperasi pada 2027 merupakan jawabannya. Ada teknologi yang diandalkan dalam pembangunan pembangkit tersebut dalam menghadapi tuntutan kelistrikan yang berkembang.

Baca Juga: Bantuan Ini Nih, Bentuk Komitmen PLN atas Kelestarian Lingkungan di Sekitar Proyek Infrastruktur Kelistrikan

"PLTA ini adalah yang pertama di Indonesia dengan teknologi pump storage. Ini adalah terobosan luar biasa, karena membuat fungsi PLTA menjadi seperti power storage yang bisa sangat efisien sekaligus andal untuk diaktivasi terutama saat kondisi beban puncak. Dan tentunya akan menambah keandalan sistem yang lebih besar," kata Darmawan dalam keterangannya.

Dalam pembangunannya, PLTA Cisokan menggunakan Roller Compacted Concrete (RCC) yang memungkinkan bendungan atas dan bawah memanfaatkan sumber daya air sungai Cisokan yang merupakan anak sungai Citarum. PLN sendiri akan lebih dulu membangun bendungan dari hulu sampai hilir serta infrastruktur kelistrikan sepanjang 27 kilometer sepanjang aliran sungai.

Melalui teknologi pumped storage, jelasnya maka pada saat beban listrik sedang puncak, PLTA Cisokan bisa mengalirkan sistem debit air sehingga memutar turbin dan memberikan pasokan listrik tambahan. Sedangkan pada saat beban kelistrikan Jawa Bali sedang turun, PLTA itu bisa langsung mengembalikan debit air melalui tunnel.

Baca Juga: PLN Elevation: Watts Up! Kesempatan Bagi Start Up Garap Isu Green Energy Hingga Electric Ecosystem

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB

Soal Tanam Maju, Ini Penjelasannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:44 WIB

Jelang Pilpres 2024, Parpol Mulai Tawar Menawar

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB

Ada Jejak Ukraina Pasca Gerakan 30 September

Jumat, 30 September 2022 | 17:54 WIB
X