UNU Purwokerto Bangun Literasi Digital Berakhlak

- Sabtu, 24 September 2022 | 16:23 WIB
Unu purwokerto
Unu purwokerto



PURWOKERTO-Dunia digital sudah tak terhindarkan baik dari sisi positif maupun sebaliknya, sisi negatif. Karenanyalah, UNU Purwokerto bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI mengadakan Pelatihan Literasi Pandu Digital: Pemberdayaan Mahasiswa Berbasis Teknologi Digital, Sabtu (24/9). Hadir sebagai narasumber yakni, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNU Purwokerto, Diah Arimbi dan Direktur Labsos UNU Yogyakartaa, Saeroni serta Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangarepan selaku keynote speech.

Saeroni dalam acara tersebut mengupas tuntas tema "Etis Bermedia Digital" dengan lima poin penting. Satu, dalam ruang digital akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan perbedaan kultural. Dua, interkasi antar budaya dapat menciptakan standar baru tentang etika. Tiga, dengan media digital setiap warganet berpartisipasi dalam berbagai hubungan dengan banyak orang melintasi geografis dan budaya. Empat, berbagai cara membangun hubungan lebih jauh daan berkolaborasi dengan orang lain. Lima, segala aktivitas digital memerlukan etika digital.

Saeroni juga mengungkap cara antisipasi peretasan akun digital, di antaranya dengan cara pengamanan berlapis. "Koneksikan akun media sosial dengan nomor telepon genggam agar ada informasi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Diah Arimbi menyampaikan pentingya etika dalam dunia digital, terlebih untuk mahasiswa UNU Purwokerto yang dididik dengan norma agama yang kuat, ahlisunah wal jamaah an nahdiyah. Sehingga, diharapkan dalam berkomunikasi tetap mengedepankan dan mempertimbangkan etika sopan santun,  terlebih rekam jejak digital dapat dan mudah ditelusuri.(***)

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Tunjuk Laksamana Yudo, Alasan Jokowi Rotasi Matra

Selasa, 29 November 2022 | 18:51 WIB

KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG pada 2023

Selasa, 29 November 2022 | 12:10 WIB

Tumben, Tiket KA Nataru Sepi Peminat, Kurang Laris

Senin, 28 November 2022 | 22:42 WIB

Yudo Margono akan Gantikan Andika Perkasa

Senin, 28 November 2022 | 18:55 WIB

Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB

Kajati DKI, Reda Manthovani Hijaukan Jakarta Selatan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB

DPR Pastikan Terus Dukung Kemajuan Alutsista TNI

Senin, 28 November 2022 | 13:37 WIB
X