Tingkatkan Kompetisi Relawan & Potensi SAR Perairan, JQR Gelar Kompetisi River Rescue

- Minggu, 25 September 2022 | 06:21 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Gubernur Ridwan Kamil menegaskan bahwa Pemprov Jabar memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan mitigasi kebencanaan mengingat wilayahnya yang banyak menyimpan risiko tinggi terkena.

Hanya saja, dia ingin langkah tersebut bisa mengedepankan inovasi dengan cara-cara yang kreatif. Satu di antaranya ikhtiar peningkatan kapasitas relawan dan potensi SAR melalui kompetisi Jabar Quick Response River Rescue Challenge (JRRC).

"Kita harus terus mencari cara-cara yang kreatif untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan bencana">mitigasi bencana," katanya sambil menyebut partisipasi masyarakat memang tak bisa ditinggalkan seperti dalam keterangan yang diterima Minggu (25/9/2022).

Masyarakat, katanya, perlu menyadari bahwa mesti hidup dengan realita dengan memahami bahwa alam memiliki siklusnya tersendiri.

Baca Juga: Musim Penghujan, Jabar Siaga Bencana, Warga Diminta Rajin Cek Kondisi Cuaca

JRRC sendiri merupakan kompetisi SAR sungai yang diinisiasi langsung oleh Ridwan Kamil yang bertujuan menciptakan potensi-potensi SAR yang memiliki kompetensi unggul dalam situasi krisis terutama pada bencana hidrometerologi yang mungkin terjadi di Jawa Barat.

Ketua Panitia JRRC Sandi Prisma Putra menjelaskan bahwa event tersebut bakal digelar di Kabupaten Garut pada 29 September-2 Oktober 2022.

Mereka akan memanfaatkan aliran Sungai Cimanuk di Kampung Patrol Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi sebagai lokasi helatan tersebut.

Baca Juga: Moeldoko Beri Perhatian Khusus pada Banjir Rob Cirebon

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Faktor Ini Cegah Politik Uang

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:04 WIB

Ketua DPD Dorong Pekerja Sektor Digital Dilindungi

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:42 WIB

Pemilih Muda Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Selasa, 6 Desember 2022 | 15:28 WIB
X