LVRI Ingin Generasi Mendatang Berkarakter Kebangsaan

- Minggu, 25 September 2022 | 12:48 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com.

Setiap tahun, masyarakat Indonesia termasuk veteran memperingati hari veteran dan hari jadi lahirnya LVRI. Mengingat LVRI memiliki 2 hari peringatan yakni Hari Veteran yang diperingati 10 Agustus, dan hari kelahiran organisasi LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) yang diperingati setiap tanggal 2 Januari.


Langkah ini dilakukan untuk menghormati, menghargai, dan mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan. Tanpa jasa para pahlawan, Indonesia tak akan mencapai kemerdekaan.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawannya. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan demi mewujudkan cita-cita bangsa.

Baca Juga: JIS Siap Dukung Program Pembelajaran bagi Siswa dengan Neuro-diversities

Untuk memperingati Hari Pahlawan, dengungkan doa dan kata-kata bijak para pahlawan ini. Pasalnya, pelajaran terbesar berasal dari sebuah pengalaman yang besar juga. Sedangkan, kemerdekaan yang abadi berasal dari penghargaan dan perjuangan yang tak pernah mati.

Mengheningkan Cipta adalah ungkapan yang sering kita dengar ketika mengikuti upacara 17 Agustus, hari Veteran maupun setiap memperingati Hari LVRI.
Semua orang mengetahui, Mengheningkan Cipta adalah ungkapan yang sering kita dengar ketika mengikuti upacara bendera setiap hari Senin di sekolah. Ungkapan tersebut merupakan judul lagu dari salah satu lagu wajib nasional.


Ungkapan tersebut diucapkan oleh pembina upacara yang biasanya dimulai dengan ungkapan “untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, mari kita mengheningkan cipta, mengheningkan cipta mulai” dan kemudian diiringi lagu mengheningkan cipta.

Baca Juga: Kapolri Berikan Tanda Kehormatan Bhayangkara Lalu Lintas Polri kepada Dirut Jasa Raharja Rivan A. Purwantono

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB

Mahasiswa Apoteker dan UTA '45 Serukan Boikot PN UKAI

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:05 WIB
X