Bela Negara Bukan Hanya Tanggung Jawab TNI tapi Kewajiban Semua Rakyat

- Senin, 26 September 2022 | 19:01 WIB
AHY saat memberikan kuliah umum bertajuk  (SM/Prajtna Lydiasari )
AHY saat memberikan kuliah umum bertajuk (SM/Prajtna Lydiasari )

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan bahwa bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI tetapi menjadi kewajiban semua rakyat termasuk kaum milenial.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan kuliah umum bertajuk "Peran Milenial dalam Bela Negara" pada hari pertama Orientasi Pendidikan (Ordik) 2022 Universitas Budi Luhur (UBL), Senin, 26 September 2022.

"Bangsa Indonesia memiliki modal besar untuk mewujudkan, yakni bonus demografi. Kita harus benar-benar mengoptimalkan bonus demografi kita. Namun, ini semua tidak akan berarti jika tidak diikuti dengan bonus kompetensi," ujarnya.

AHY menilai memajukan sumber daya manusia (SDM) tak kalah penting dari pembangunan infrastruktur. Sebab, banyak negara yang tertinggal karena merasa memiliki sumber daya alam namun tak membangun SDM.

"Katakanlah Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tidak semua negara memiliki kekayaan alam seperti di Indonesia. Tapi ingat banyak negara yang sumber daya alam-nya melimpah justru terjebak tidak bisa menjadi negara yang maju dan makmur," tuturnya.

Menurutnya, peringkat kompetitif SDM Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh karenanya, ia berharap Indonesia semakin kuat kapasitasnya seperti lagu kebangsaan kita 'bangunlah jiwanya, bangunlah badannya', jiwanya dulu baru badannya.

"Jadi infrastruktur itu penting tapi jangan sampai SDM-nya ketinggalan," terangnya.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mensos Risma Terima Nawacita Awards 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:43 WIB

Lolos Ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Minggu, 27 November 2022 | 07:30 WIB

DPR-Pemerintah Mulai Bahas Revisi RUU KSDAHE

Sabtu, 26 November 2022 | 20:53 WIB

Ingin Capres Antikorupsi, Petani Dukung Firli Bahuri

Sabtu, 26 November 2022 | 19:00 WIB

Made Kaek Makin Bertaji.

Sabtu, 26 November 2022 | 08:56 WIB
X