Baznas Siap Renovasi Rumah Tidak Layak Huni Milik Kaum Dhuafa

- Senin, 26 September 2022 | 20:31 WIB
Seorang pekerja menyelesaikan bangunan rumah tidak layak huni program dari Baznas (Humas Baznas)
Seorang pekerja menyelesaikan bangunan rumah tidak layak huni program dari Baznas (Humas Baznas)

JAKARTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) demi memaksimalkan program bantuan RTLH di seluruh Indonesia, secara daring, Senin (26/9).

Sebanyak 34 Baznas Provinsi turut hadir dalam acara yang juga dikemas dengan agenda Bimbingan Teknis Pelaksanaan RTLH dari Dirjen Perumahan Kementerian PUPR ini.

Rakernis Program RTLH bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan kompentensi Baznas Provinsi dalam mengimplementasikan program rumah layak huni Baznas, memberikan pemahaman pola koordinasi program rumah layak huni Baznas kepada Baznas Provinsi, dan menjelaskan pedoman pelaksanaan program rumah layak huni, sehingga Baznas Provinsi dapat mereplikasi program tersebut.

Baca Juga: Berikan Sex Education, Vivo Ajak Warga 18 Tahun ke Atas Nikmati Pameran Seni

"Tujuan program RTLH adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama tempat tinggal sebagai peningkatan kesejahteraan mustahik, sehingga program tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan etos kerja mustahik. Baznas akan merenovasi RTLH yang menyasar rumah milik kaum dhuafa dengan kondisi mengkhawatirkan dan mengalami berbagai kerusakan. Diharapkan Baznas Provinsi dapat menjalankan program ini dengan maksimal," kata Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Noor menambahkan, pada periode tahun 2022, Baznas dan LAZ secara nasional menargetkan terealisasinya program rumah layak huni sejumlah 40.000 unit.

Jumlah itu tersebar di seluruh Indonesia dengan data distribusi program hingga Kabupaten/Kota yang dilakukan oleh Baznas Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Baca Juga: PP Pelti dan Pengda Pelti DKI Berkolaborasi, Gelar Turnamen Tenis Junior

"Dengan tersebarnya program rumah layak huni secara merata, diharapkan dapat meningkatkan syiar zakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui meningkatkan kualitas tempat tinggal mustahik," kata Noor.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB
X