Antisipasi Potensi Benturan di Antara Desa Wisata

- Selasa, 27 September 2022 | 16:06 WIB
Menparekraf di Desa Wisata Widosari
Menparekraf di Desa Wisata Widosari

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Kepala Pusat Studi Pariwisata Unpad, Dr Awaludin Nugraha mengingatkan kemungkinan benturan kepentingan dalam pengembangan desa wisata yang tengah marak dilakukan terlebih selepas menurunnya pandemi Covid-19.

Untuk itu, diperlukan kajian khusus termasuk menyiapkan regulasi yang kuat sehingga arah pengembangan desa wisata itu benar-benar kuat

“Persoalan 80 ribu desa menjadi desa wisata itu benturannya pasti kuat. Ini harus menjadi kajian yang serius,” ujarnya dalam webinar “Unpad Tourism Day 2022” seperti dikutip dari siaran situs resmi universitas, Selasa (27/9/2022).

Dijelaskan, kajian tersebut di antaranya mendengar kebutuhan masyarakat desa, penguatan pada kapasitas sumber daya pariwisata, seperti peningkatan kapasitas bahasa asing, penguasaan kebudayaan asing, penguasaan teknologi infromasi dan legal, hingga pengetahuan mengenai bagaimana merawat fasilitas dan infrastruktur wisata yang tersedia.

Baca Juga: Menparekraf Dorong Desa Wisata Hadirkan Alternatif Wisata yang Menawarkan Pengalaman Unik bagi Wisatawan

Pemerintah bisa mendorong upaya tersebut dengan mempersiapkan data potensi pariwisata, pemberian beasiswa pengembangan sumber daya kepariwisataan, membangun infrastruktur, hingga mendukung program pengabdian masyarakat yang dilakukan perguruan tinggi di desa.

Awaluddin Nugraha menjelaskan bahwa potensi benturan itu terbuka di antaranya karena adanya kecenderungan konsep desa wisata belum sepenuhnya dipahami oleh pelaku wisata.

Salah satunya adalah mengabaikan sifat dari pariwisata tersebut dari sisi administratif. Padahal, katanya, pariwisata tidak mengenal batas wilayah, sedangkan desa wisata sangat dibatasi oleh batas kewilayahan.

Baca Juga: Sandiaga Targetkan 3.000 Desa Ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa 6,4 Garut, BNPB Sebut Ada Warga yang Terluka

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:59 WIB

Pemilu 2024 Harus Sesuai Harapan Publik

Jumat, 2 Desember 2022 | 18:11 WIB
X