Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau Makin Bersinar Berkat Binaan PHR

- Rabu, 28 September 2022 | 10:20 WIB
Wan Irzawati, Manager Sentra Budaya & Ekonomi Kreatif Melayu Riau,  (Istimewa )
Wan Irzawati, Manager Sentra Budaya & Ekonomi Kreatif Melayu Riau, (Istimewa )

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com, - Transisi alih kelola Blok Rokan dari operator lama ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), bagian dari PT Pertamina Hulu Energi Subholding Upstream, tidak hanya soal kegiatan operasi produksi minyak dan gas bumi, tapi juga transisi dalam mitra binaan. Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau kini menjadi mitra utama PHR dalam membina masyarakat sekitar operasi memanfaatkan peluang usaha baru untuk meningkatkan perekonomian.

Wan Irzawati, Manager Sentra Budaya & Ekonomi Kreatif Melayu Riau, mengungkapkan saat transisi, PHR berinisiatif melanjutkan program yang sudah dirintis oleh operator di blok Rokan. Wan bersyukur PHR mengambilalih Blok Rokan karena perusahaan memperhatikan program pengembangan masyarakat (CSR) bahkan dibina lebih baik.

Baca Juga: Adab dan Etika Politisi

Wan bercerita, awal mula penyediaan fasilitas bangunan untuk Sentra Budaya & Ekonomi Kreatif Melayu Riau berawal dari permintaan Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) kepada SKK Migas dan operator lama Blok Rokan untuk disediakan tempat bagi pelaku UMKM memasarkan produk.

Dalam proses transisi alhikelola, pembangunan Gedung dilanjutkan oleh PHR. “Alhamdulillah, gedungnya selesai pada 2021 dan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM berkat kehadiran PHR yang menjadi operator Blok Rokan,” ujar Wan saat ditemui di perhelatan 26th IPA Convention and Exhibition 2022, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

Bangunan besar berurkuran 10x36 meter di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau tersebut jadi rumah bagi sekitar 500-an UMKM. Setelah PHR terlibat Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau terasa lebih hidup.

Tidak hanya sebagai tempat untuk menjajakan produk, bangunan itu juga menjadi pusat kegiatan untuk memproduksi barang-barang kerajinan maupaun makanan.
Menurut Wan, gedung sentra sekarang jauh berbeda dengan sebelum PHR masuk.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Kekuasaan.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X