Jadi Pemelihara Hewan Boleh, Tapi Jangan Lupa Bertanggung Jawab

- Rabu, 28 September 2022 | 16:08 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta warga yang mempunyai hewan peliharaan termasuk sebagian pemiliknya yang kerap membawa hewannya ke tempat umum untuk memperhatikan faktor kesehatan dari hewan tersebut.

"Bukan apa-apa, efek pemeliharaan yang tak sehat itu, dampak buruknya tak hanya bagi pemeliharanya tapi juga lingkungan sekitarnya," jelasnya usai menghadiri Jabar Kick Out Rabies 2022" di Ciwalk Bandung, Rabu (28/9/2022).

Pihaknya tentu berharap ada kesadaran yang timbul dari pemelihara hewan tersebut. Untuk itu, kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat harus intens dilakukan tak sekadar seremoni saja.

Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah kabupaten dan kota melakukan inisiatif yang sama terlebih target Jabar yang ingin menjadi provinsi bebas rabies. Dengan demikian, cakupannya makin luas.

Baca Juga: Kejar Bebas Rabies, Edukasi kepada Masyarakat Jadi Tumpuan

Kabid Keswan dan Kesmas Veteriner DKPP Jabar, drh Supriyanto menambahkan faktor kesehatan hewan itu di antaranya bergantung kepada komitmen pemiliknya.

Hanya saja, tak jarang mereka justru cenderung menyikapinya dengan bersikap mendua dalam menerima edukasi dan sosialisasi itu. Karenanya, langkah tersebut seperti dianggap angin lalu oleh sebagian pemilik hewan.

"Karena ada kejadian pemiliknya melepas hewannya untuk mencari makan sendiri, tapi begitu dilakukan tindakan malah ngamuk-ngamuk," katanya.

Baca Juga: Sistem Penanganan PMK Harus Diperbaiki, Perlu Tes Deteksi Dini Untuk Hewan

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X