Anak SD Dibully Gegara Seragam, Emil Turun Tangan, Gagas Pembentukan Satgas Anti-Perundungan

- Kamis, 29 September 2022 | 07:21 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Bocah SD asal Baleendah Kabupaten Bandung, Laael Rizki Ramadhan (11) menjadi korban perundungan teman-teman sekolahnya.

Gara-garanya, korban seringkali memakai seragam yang sama berulangkali karena tak mempunyai seragam baru. Sepatu dan tas yang sering dipakainya itu juga merupakan pemberian dari orang lain.

Kondisi itu kemudian mendapatkan perhatian dari Gubernur Jawa Barat Ridwan. Bahkan Rizki bersama orang tuanya diundang langsung ke Gedung Sate. Bantun pun diberikan kepada mereka.

Emil memberikan peralatan sekolah baru untuk Rizky yang tampak sumringah. Kedua orang tuanya pun tak kuasa menahan air mata. Mantan Walikota Bandung itu meminta Rizki tetap semangat untuk belajar dan terus bersekolah.

Baca Juga: Peran Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat Penting untuk Cegah Perundungan

Dalam pertemuan itu, ayah Rizky, Hendra sempat mencurahkan kondisi ekonominya yang kesulitan. Dirinya sudah lama tak bekerja sebagai supir truk. "Kami sekeluarga dalam kesulitan ekonomi," katanya.

Kepada Hendra, Emil berjanji akan memberikan pekerjaan. "Saya kasih kerjaan, yang penting halal dan dapet penghasilan," katanya.

Tak hanya itu, kepada ibunda Rizky, Emil berjanji akan membuatkan tempat usaha untuk berjualan makanan di sekitar rumahnya. Dengan demikian, keluarga bisa mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Jokowi: Jangan Sampai Terjadi Lagi Perundungan

Gagas Satgas Anti Perundungan

Atas kasus tersebut, Ridwan Kamil membentuk Satgas Anti Perundungan di bawah koordinasi Jabar Quick Response (JQR). Hal ini sebagai atensi khusus Gubernur.

Ketua Satgas Anti Perundungan JQR, Rini Marlina menjelaskan pihaknya nantinya akan melaksanakan mulai dari advokasi, edukasi dan konseling.

"Ke depan kami juga bersama Disdik Jabar akan melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang juga akan turut melibatkan guru-guru BP se-Jawa Barat," jelasnya.

Baca Juga: Suaramerdeka.com Raih Rekor MURI, Kukrit SW: Motivasi Lebih Kreatif dan Inovatif di Platform Digital

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Apresiasi Gelaran BNI Java Jazz 2023

Senin, 5 Juni 2023 | 16:54 WIB
X