Pertemuan Airlangga-Puan Buka Peluang Koalisi dalam Pilpres 2024

- Kamis, 29 September 2022 | 17:37 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. (Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. (Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Meski sempat tertunda, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani dalam waktu dekat ini akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan kedua elit sedianya dijadwalkan bulan lalu.

"Pertemuan tersebut adalah upaya penjajakan yang dibangun PDIP terhadap Golkar," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, Kamis (29/9).

Sebelumnya, Airlangga berhalangan bertemu Puan karena mendampingi Presiden Joko Widodo di Lampung. Setelah itu, pertemuan rencana pertemuan kembali dirancang bagi kedua belah pihak.

"Upaya itu membuka kemungkinan untuk kedua partai besar itu bekerja sama dalam Pilpres 2024. Semuanya dalam proses penjajakan," ujarnya.

Menurutnya, sebelum janur kuning melengkung dan sebelum ada yang bisa dipastikan siapa yang maju dan daftar ke KPU, semuanya serba mungkin. Dikatakan, kunjungan tersebut adalah bagian dari komunikasi politik yang dilakukan Puan.

"Yakni untuk memastikan tiket dan dukungan guna berlaga pada kontestasi 2024. Ini kan sebenarnya komunikasi politik yang dibangun oleh Puan, untuk memastikan bisa maju dan bisa didukung oleh parpol yang lain," tandasnya.

Kepentingan
Dimana inti dari komunikasi politik pasti membawa kepentingan parpol dan dirinya untuk bisa maju. Jika komunikasi tersebut produktif dan mencapai kesepakatan politik, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan koalisi antara PDIP dan Golkar akan terbentuk.

"Kalau PDIP dengan Golkar maju ya pasangannya dari PDIP dan Golkar. Kalau itu cocok, koalisi terbentuk," tegasnya.

Oleh sebab itu, pertemuan itu bisa saja menghasilkan kemungkinan koalisi akan terbentuk antara KIB dan PDIP. Asalkan ada ketertarikan KIB pada PDIP dan mau mengusung Puan dalam Pilpres 2024.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bank Muamalat dan BMM Gelar Muamalat Berbagi

Senin, 6 Februari 2023 | 15:17 WIB

Ada Ojek Gratis untuk Jamaah Puncak Resepsi 1 Abad NU

Minggu, 5 Februari 2023 | 20:42 WIB

Nah, Pemalsu Freshmag Divonis 1,5 Tahun Penjara,

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:46 WIB
X