Kominfo Tingkatkan Kemampuan Humas Lewat Jarkom

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:36 WIB
Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) Edisi Media Center Daerah “Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita”, Kamis (29/9/2022) di Surabaya (Dok: Kominfo)
Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) Edisi Media Center Daerah “Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita”, Kamis (29/9/2022) di Surabaya (Dok: Kominfo)

SURABAYA, suaramerdeka-jakarta.com - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan ada dua pesan yang terkandung di dalam Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, yaitu narasi tunggal dan orkestrasikomunikasi.

Hal itu disampaikannya saat acara Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) Edisi Media Center Daerah “Mengolah Kegiatan Seremonial Bernilai Berita”, Kamis (29/9/2022) di Surabaya.

“Narasi tunggal adalah bagaimana kita semua di pemerintahan dari daerah sampai pusat, bagi semua kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta maupun daerah ini mempunyai narasi yang sama terkait dengan satu kebijakan pemerintah,” jelasnya.

Baca Juga: Flyover Kopo Difungsikan, Emil Sebut Kircon yang Rudet Menyusul Dibangun Bersama Garuda & Underpass Cibiru

Sementara orkestrasi komunikasi adalah tugas dan tanggungjawab Kementerian Komunikasi dan Informatikan dalam hal ini Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) memimpin pengelolaan komunikasi publik dan menciptakan ruang publik dengan konten positif yang mencerahkan, mencerdaskan dan membangun semangat nasionalisme.

Maka itu, Usman pun berpesan kepada peserta Jarkom, khususnya pengelola Media Center Daerah untuk terus meningkatkan kemapuan dalam menulis sehingga mampu menghasilkan karya yang lebih bernilai untuk masyarakat.

Secara khusus Usman Kansong, meminta dalam meliput sebuah acara peresmian tidak hanya sekedar menyampaikan seremoni gunting pita atau tekan tombol saja, namun harus mengandung berita atau pesan yang disampaikan kepada publik.

Baca Juga: Teken Keppres Pemecatan Ferdy Sambo, Bukti Keseriusan Presiden

"Bagaimana menulis berita supaya jangan melulu seremonialnya, jangan peresmiannya gunting pita, tetapi apa berita yang terkandung di dalam seremonialnya itu. Supaya apa, supaya berita kita dibaca orang," kata Usman

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG pada 2023

Selasa, 29 November 2022 | 12:10 WIB

Tumben, Tiket KA Nataru Sepi Peminat, Kurang Laris

Senin, 28 November 2022 | 22:42 WIB

Yudo Margono akan Gantikan Andika Perkasa

Senin, 28 November 2022 | 18:55 WIB

Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB

Kajati DKI, Reda Manthovani Hijaukan Jakarta Selatan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB

DPR Pastikan Terus Dukung Kemajuan Alutsista TNI

Senin, 28 November 2022 | 13:37 WIB
X