November, Kendaraan Bisa Full Mengaspal di Tol Cisumdawu Hingga Exit Cimalaka

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:57 WIB

 

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Tiga bulan menjelang pergantian tahun, pengerjaan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bakal digeber sehingga jalan bebas hambatan itu bisa rampung dan secepatnya digunakan.

Menurut Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, pihaknya menginginkan ruas tol di jalur tengah itu bisa melayani kendaraan pada Desember 2022.

Hanya saja, langkah itu bakal direalisasikan dalam dua gelombang. Untuk tahap pertama, mereka akan membuka ruas antara Cileunyi-Cimalaka sehingga titik kepadatan di Cadas Pangeran dan Sumedang Kota terurai.

"Bagaimana kita konektivitas-kan Sumedang Bandung itu November, kita usahakan itu kita bisa fungsionalkan sampai Cimalaka. Jadi ini seksi 1, seksi 2, dan seksi 3 yang on road-nya kita akan bereskan prioritas sehingga bisa fungsional di bulan tersebut, " katanya di sela-sela fungsionalisasi flyover Kopo Kota Bandung, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Pemudik Diarahkan ke Tol Cisumdawu Keluar Cimalaka, Tapi Hati-hati Kondisi Cireki

Selang sebulan, pihaknya akan membuka seluruh jalan tol tersebut dari Cileunyi hingga Dawuan sepanjang 60 Km. Ujung jalan tol ini terintegrasi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Tak hanya itu, ujung pertemuan dua tol tersebut juga terkoneksi dengan akses jalan menuju Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. Dengan demikian, persoalan akses yang disebut-sebut sebagai pangkal sepinya bandara tersebut bisa terpecahkan.

Menurut Hedy Rahadian, pengerjaan difokuskan pada seksi 4 dan 5 mengingat tantangan medan yang tak ringan. Karena itu, pihaknya masih melakukan konsentrasi pada pemantapan struktur.

Baca Juga: Tol Cibitung - Cilincing Diresmikan, Presiden Jokowi: Percepat Mobilitas Barang untuk Ekspor

"Kita usahakan akhir Desember, tapi faktor cuaca kita pertimbangkan sehingga kita harapkan awal tahun sudah bisa berfungsi semuanya. Karena seksi 6 itu malah sudah selesai, untuk 4 dan 5 karena di sana banyak struktur, kita juga tidak mau menimbun lagi terlalu tinggi karena risiko longsornya," katanya.

Dengan tersambungnya Cileunyi-Dawuan, jarak Bandung-Kertajati diestimasi bisa ditempuh dalam tempo satu jam sehingga benar-benar membantu mobilitas masyarakat yang hendak berpergian melalui bandara tersebut.

Sebelumnya, pada awal tahun ini sebenarnnya penggal Tol Cisumdawu yakni Seksi 1 antara Cileunyi-Pamulihan sudah difungsikan. Lebaran lalu, Cileunyi-Sumedang-Cimalaka juga sempat difungsikan kendati satu arah ke arah Exit Cimalaka.

Baca Juga: Suaramerdeka.com Raih Rekor MURI, Kukrit SW: Motivasi Lebih Kreatif dan Inovatif di Platform Digital

Tol Cisumdawu sendiri terbagi dalam enam seksi pembangunan mulai dari Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan, Pamulihan-Sumedang (2), Sumedang-Cimalaka (3), Cimalaka-Legok (4), Legok-Ujung Jaya (5), dan Ujung Jaya-Dawuan.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPI Siapkan 13 Inisiatif ESG pada 2023

Selasa, 29 November 2022 | 12:10 WIB

Tumben, Tiket KA Nataru Sepi Peminat, Kurang Laris

Senin, 28 November 2022 | 22:42 WIB

Yudo Margono akan Gantikan Andika Perkasa

Senin, 28 November 2022 | 18:55 WIB

Emil dan Golkar Miliki Relasi Saling Melengkapi

Senin, 28 November 2022 | 18:14 WIB

Kajati DKI, Reda Manthovani Hijaukan Jakarta Selatan

Senin, 28 November 2022 | 16:27 WIB

Komisi I DPR Dukung RKUHP Segera Tuntas

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB

DPR Pastikan Terus Dukung Kemajuan Alutsista TNI

Senin, 28 November 2022 | 13:37 WIB
X