Diserang Buzzer, Elektabilitas Puan Justru Naik

- Senin, 3 Oktober 2022 | 08:42 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani.  (Dok. DPP PDIP)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Dok. DPP PDIP)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Peningkatan elektabilitas Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani, dinilai sebagai penanda kuat bahwa serangan gencar buzzer politik akhir-akhir ini, tidak berdampak. Bahkan, elektabilitas Puan versi lembaga survei Indikator terus naik dalam setahun terakhir.

"Puan cukup tangguh menepis berbagai serangan politik, salah satunya oleh buzzer politik. Justru kegiatan Puan yang secara langsung menghadapi masyarakat lebih berpengaruh," kata pengamat politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah saat dihubungi (2/10).

Hasil survei Indikator yang dilakukan pada 13-20 September 2022, menunjukkan, elektabilitas Puan naik menjadi 3,2 pada September ini. Padahal pada September tahun lalu, elektabilitasnya masih berada di 2,2.

Bahkan, Puan mampu melampaui Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Erick hanya meraih 1,4 dan Airlangga yang turun dari 0,4 menjadi 0,3.

"Naiknya elektabilitas tersebut tidak terlepas dari kinerja yang mulai banyak diketahui oleh publik. Termasuk gagasan-gagasan politiknya yang disampaikan pada pidato saat pembukaan masa sidang di DPR RI pada 16 Agustus 2022 lalu," ujarnya.

Terlebih, kata dia, Puan punya banyak catatan kerja yang baik. Mulai dari Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.

"Dua hal ini saja berdampak banyak pada publik," tandasnya. Adapun Indikator melakukan survei secara tatap muka, dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah sampel sebanyak 1.220 dengan margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

HT Pimpin Konsolidasi & Bimtek Partai Perindo

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:46 WIB

Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 10:22 WIB

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
X